Kelola Kemitraan Media, Pemkab Bangka Studi Tiru ke Jambi


Kelola Kemitraan Media, Pemkab Bangka Studi Tiru ke Jambi

JAMBI - Dalam rangka menjalin kemitraan atau kerjasama dengan pihak media merupakan salah satu upaya penyebar luasan informasi secara efektif. 

Dalam upaya peningkatan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melaksanakan studi tiru kebijakan ke Pemerintahan Kota Jambi. 

Kunjungan tersebut juga guna membahas kaitan tentang tenaga ahli serta peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) di pemerintahan.

Rombongan Pemkab Bangka yang dipimpin oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Dawami bertemu langsung dengan Asisten Administrasi Kota Jambi, Ridwan. Dalam pertemuan tersebut Damawi mengungkapkan maksud dan tujuan kunjungan Pemkab Bangka  berkunjung ke Pemkot Jambi.

"Tujuan kunjungan kami adalah studi tiru atau semacam studi komparasi mengenai berbagai program pemda. Nantinya kami akan fokus pada pola-pola kemitraan yang digunakan pemkot jambi dalam menjalin kerja sama dengan media masa," ujar Damawi.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Asminiatrasi Umum Pemkot Jambi, Ridwan mengungkapkan sangat menyambut baik atas kedatangan jajaran pemerintahan Kabupaten Bangka. Menurutnya ini adalah ajang pertukaran informasi dan saling berbagi ide.

"Saat ini sistem informasi dan kemitraan dengan media masa dikelola oleh Dinas Kominfo Kota Jambi. Begitu juga dengan TI yang diterapkan di Kota Jambi dikelola oleh Kominfo juga," turur Ridwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Nirwan yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengungkapkan sistem pengelolaan kemitraan dikelola oleh humas, dan konten konten yang disebarkan ke media sosial dan website juga didapatkan dari humas yang dibawahi Dinas Kominfo.

"Untuk publikasi, tugas ini di Pemkot Jambi dibagi dua, Kominfo mengelola Medsos dan Web Site, sementara Humas mengelola kerja sama dengan media cetak, online, dan elektronik. Untuk pemberitaan, website maupun medsos, materi beritanya diambil dari bagian humas," ungkap Nirwan.

Selain fokus pada website Pemkot ditambahkan Nirwan, seluruh OPD yang ada di Jambi juga diwajibkan memiliki website dan akun media sosial. Media sosial yang digunakan antara lain instagram, facebook, twitter, youtube, dan sekarang telegram. Hal ini untuk kepentingan publikasi dan memberikan informasi ke kaum milineal.

"Sedangkan untuk TIK, servernya ada di Kominfo. untuk bancwich Pemkot Jambi telah membangun fiber optik (FO). FO saat ini sudah lebih kurang 65 km. tahun depan rencananya 100 km," tambah Nirwan.

Tahun ini juga seluruh OPD di Kota Jambi telah terkoneksi melalui jaringan FO. Dengan terhubung antar OPD akan mempermudah akses informasi. "Sejauh ini, salah satu pemamfaatanya dalam hal absensi OPD yang langsung terhubung  dengan BKPSDMD," pungkasnya.

Sumber: 
Dinkominfotik




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Jum'at, 18 September 2020 21:24 WIB
SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada hari ini Jumat (18/9/2020), bertambah lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19
 TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
Kamis, 17 September 2020 19:45 WIB
SUNGAILIAT – TNI AL bersama Polri menggandengan Pemkab dan Ormas Laskar Pesisir Kabupaten Bangka menanam bibit magrove di pesisir pantai
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Kamis, 17 September 2020 12:43 WIB
SUNGAILIAT – Nelayan pesisir meminta pemerintah untuk segera mengambil alih proses kegiatan normalisasi dan pengerukan limbah pasir di pesisir Air
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Selasa, 15 September 2020 20:14 WIB
SUNGAILIAT - Kasus terbunuhnya inisial EK (30), warga Kelurahan Surya Timur, Kabupaten Bangka terungkap. Motifnya cinta segitiga.Polres Bangka, Selasa (15/09/2020)