Kapal Nelayan Tenggelam Dihantam Ombak, Empat ABK Berhasil Selamat


Kapal Nelayan Tenggelam Dihantam Ombak, Empat ABK Berhasil Selamat

SUNGAILIAT - Kapal Nelayan jenis Jaring Pari 6 GT dengan nama "Sephia Dua" tenggelam di daerah Sawar Tenggiri Karang sekitar 37 mil dari bibir muara Jelitik, Rabu malam (17/7/2019) sekitar pukul 07.00 WIB

Peristiwa tersebut dibenarkan oleh Kepala PPN Sungailiat melalui Kepala Syahbandar PPN, Yovan Aspirandi kepada sejumlah wartawan, Kamis (18/7/2019).

"Sekira pukul jam 12 :00 malam, Bantuan dari Kapal KM Anggrek 1 dengan Nahkoda Marzuan ,Rabu (17/7/2019) sampai dilokasi TKP untuk menyelamatkan Korban," kata Yovan.

Personil Kapal "Sephia Dua" ditemukan selamat, terdiri dari empat (4) orang nelayan yakni Nahkoda  Hendra (36) dari Kampung Baru, Junaidi (27) dari indramayu, Hidayat (34) dari Parit Pekir dan Amirudin (44) dari Parit Pekir Sungailiat.

Sementara itu, Nahkoda Kapal "Sephia Dua" Hendra (36) menceritakan, saat itu dirinya sedang menurunkan Jaring Pari ditengah lautan. Tiba-tiba Kapal dihantam gelombang laut dari sisi belakang Kapal. Kemudian  dibelakang Kapal tersebut papannya pecah dan bocor.

" Setelah itu, Kami bersama kawan-kawan mengatasinya dengan 2 pompa air, namun air dalam Kapal tidak bisa dikondisikan dan air penuh serta mulai tenggelam," ungkapnya kepada Wartawan diruang Kepala Syahbandar PPN Sungailiat.

Lebih lanjut diceritakan Hendra, dirinya langsung mengambil radio untuk meminta bantuan dan pertolongan kepada rekannya Marzuan KM Angrek 1 .

"Sekira 10 menit belakang Kapal "Sephia Dua" tenggelam sehingga posisi Kapal bagian depan menggangkat keatas. Posisi Kapal pun langsung miring dan mulai terbalik tenggelam," ujarnya.

Mengetahui kondisi kapal akan tenggelam, dirinya bersama tiga rekannya langsung memakai alat keselamatan berupa jaket pelampung dan mengambil dirigen yang ada di kapal tersebut.

"Setelah tenggelam itu, kami berempat berpegangan mengunakan tali dan bersanggah diatas terbaliknya Kapal sambil menunggu bantuan datang menyelamatkan kami semua," terangnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Senin, 14 Oktober 2019 20:40 WIB
SUNGAILIAT - Sidang perkara dugaan memberikan keterangan palsu sebagaimana Pasal 242 KUHP, dengan terdakwa Susilawati alias Ela, kembali digelar
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Senin, 07 Oktober 2019 16:09 WIB
SUNGAILIAT - Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Bangka, Mila Karmila, menuntut terdakwa Susilawati alias Ela dengan hukuman tiga bulan
Merasa Bersalah, Ela Ngaku Beri Keterangan Palsu
Merasa Bersalah, Ela Ngaku Beri Keterangan Palsu
Selasa, 01 Oktober 2019 22:30 WIB
SUNGAILIAT - Susilawati alias Ela (42), kini diduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Sungailiat sebagai terdakwa. Warga Sungailiat itu didakwa
Gubernur Pimpin Penanaman Bibit Mangrove  & Pelepasan Kepiting Bakau
Gubernur Pimpin Penanaman Bibit Mangrove & Pelepasan Kepiting Bakau
Jum'at, 27 September 2019 11:28 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H Erzaldi Rosman menghadiri penanaman bibit mangrove dan pelepasan ratusan bibit kepiting