Terima Silahturahmi Calon Jamaah Haji, Ini Pesan Bupati Bangka


Terima Silahturahmi Calon Jamaah Haji, Ini Pesan Bupati Bangka

SUNGAILIAT - Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Calon jamaah haji Kabupaten Bangka tahun 2019 menggelar silahturahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati Bangka di Rumah Dinas Bupati, Jumat (5/7/2019).

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bangka sekaligus perwakilan calon jamaah haji,  Paidi mengatakan bahwa jumlah jamaah haji untuk Kabupaten Bangka sebanyak 283 orang, yang terdiri dari 116 orang pria dan 168 orang perempuan. 

"Dengan rincian dimasing-masing Kecamatan, seperti Kecamatan Sungailiat sebanyak 100 orang, Kecamatan Pemali 33 orang, Kecamatan Puding Besar 24 orang, Kecamatan Bakam 5 orang, Kecamatan Belinyu 13 orang, Kecamatan Riau Silip 12 orang, Kecamatan Merawang 52 orang dan Kecamatan Mendobarat sebanyak 45 orang," ulasnya.

Ia menjelaskan, jamaah haji Kabupaten Bangka nantinya akan bergabung dengan jamaah haji asal Bangka Tengah sebanyak 159 orang.

"Jadi untuk kloter Kabupaten Bangka termasuk di kloter 7, yang terdiri dari Jema'ah Haji Kabupaten Bangka sebanyak 283 orang ,Bangka Tengah 159 orang, PPHD 2 orang dan Petugas Kloter sebanyak  5 orang," urainya.

Ia menambahkan, para calon jamaah haji akan diberangkatkan menuju Emberkasi Palembang pada tanggal 12 Juli 2019 yang terbagi dari 2 kali penerbangan, yang pertama pada pukul 08.00 WIB, dan kedua pukul 11.00 WIB kemudian disusul dari Bangka Tengah.

"Setelah menginap di Emberkasi Palembang, kemudian di esok hari nya para jamaah haji akan diberangkatkan lagi menuju Madinah Arab Saudi," terangnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan  menjelaskan, dari 283 jamaah haji yang akan diberangkatkan terdiri dari 168 Pria dan 168 Perempuan. Berarti dari 52 orang ini merupakan tanggungan dari para pria untuk menjaga para Jema'ah perempuan.

"Semasa dalam perjalanan para Jema'ah menuju Madinah, kita semua keluarga besar dan kita janganlah mementingkan diri sendiri. Karena Jema'ah Haji ini Sejagat Raya, bukan hanya dari Indonesia saja ataupun Kabupaten Bangka, tetapi secara keseluruhan pun mengikuti," ujarnya.

Mulkan berpesan agar ibu-ibu yang masih muda dapat memperhatikan dan menjaga perempuan yang lebih tua atau yang sudah renta  saat berada di Kota Madinah nantinya.

"Jadi semua jamaah haji haruslah bersama-sama selama perjalanan haji maupun selesai haji," pesan Mulkan.

Selain itu Mulkan juga mengingatkan kepada calon jamaah haji agar dalam menunaikan rukun islam yang ke-5 ini hendaklah dengan niat ibadah yang tulus dan ikhlas mengharap ridho kepada Tuhan YME.

"Dengan niat dari para jamaah untuk melaksanakan ibadah haji bukannya untuk bermain ataupun berbelanja. Apalagi dari 6 Ribuan para jamaah haji yang mendaftar untuk umroh Haji di Madinah sangatlah banyak," terangnya.

"Jadi tidak semua orang yang bisa cepat melaksanakan ibadah haji tersebut. Untuk itu manfaatkanlah sebaik-baiknya saat masih di Madinah ataupun di Mekah itu. Karena ibadah haji ini wajibnya hanya satu kali," sambungnya.

Dengan demikian, Mulkan mendoakan, untuk semua para jamaah haji baik dari Kabupaten maupun daerah lainnya secara keseluruhan agar diberikan kemudahan oleh Tuhan YME agar tidak ada rintangan apapun dalam melaksanakan dan menunaikan ibadah hajinya.

Penutup, dirinya mengucapkan selamat menunaikan ibadah Haji 1440 H tahun 2019 bagi yang menjalankannya. (Cr15)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Jum'at, 18 September 2020 21:24 WIB
SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada hari ini Jumat (18/9/2020), bertambah lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19
 TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
Kamis, 17 September 2020 19:45 WIB
SUNGAILIAT – TNI AL bersama Polri menggandengan Pemkab dan Ormas Laskar Pesisir Kabupaten Bangka menanam bibit magrove di pesisir pantai
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Kamis, 17 September 2020 12:43 WIB
SUNGAILIAT – Nelayan pesisir meminta pemerintah untuk segera mengambil alih proses kegiatan normalisasi dan pengerukan limbah pasir di pesisir Air
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Selasa, 15 September 2020 20:14 WIB
SUNGAILIAT - Kasus terbunuhnya inisial EK (30), warga Kelurahan Surya Timur, Kabupaten Bangka terungkap. Motifnya cinta segitiga.Polres Bangka, Selasa (15/09/2020)