Memasuki Musim Kemarau, Distan Bangka Himbau Petani Tidak Tanam Padi


Memasuki Musim Kemarau, Distan Bangka Himbau Petani Tidak Tanam Padi

SUNGAILIAT -  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani mengimbau kepada seluruh petani dan Gapoktan daerah Bangka untuk tidak menanam padi karena mengingat waktu memasuki musim kemarau. 

"Tanaman tersebut dianggap lebih efektif untuk bercocok tanam dalam memasuki musim kemarau saat ini. Karena lahan yang biasa ditanam padi sebelumnya itu, lahannya tetap basah tetapi tidak berair dan tanaman tersebut sangat cocok untuk ditanamkan " katanya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2019).

Memasuki musim kemarau ini, ia mengungkapkan,  sampai saat ini belum ada laporan tentang sawah ataupun tanaman lainnya yang mengalami gagal panen.

"Kita juga telah melakukan antisipasi terhadap sawah petani yang mengalami gagal panen dengan cara menjalin kerjasama dengan asuransi Jasindo," ungkapnya.

Ia menjelaskan, asuransi tersebut untuk lahan sawah dengan pola subsidi dari pemerintah. "Mereka hanya membayar per hektarnya itu sebesar Rp32 ribu. Tetapi mereka bisa klaim sampai Rp6 juta, kalau mengalami gagal panen," jelasnya. 

Ia juga menambahkan, Kerjasama dengan Jasindo ini sudah berlangsung sejak 2018 yang lalu, dimana manfaat dari kerjasama tersebut untuk membantu para petani yang mengalami gagal panen. 

"Seperti akibat kekeringan, kebanjiran, hama penyakit, itu sudah kita siapkan tetapi pola kami disini tidak perhektar, tapi perpetak mengingat yang bisa diklaim itu lahan rusak sekitar 70 persen," tandasnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pengurus KONI Bangka di Imbau Jaga Kekompakan
Pengurus KONI Bangka di Imbau Jaga Kekompakan
Rabu, 20 November 2019 11:53 WIB
SUNGAILIAT - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka baru saja melaksanakan pelantikan kepengurusan tahun 2019-2023, senin (18/11/19) di gedung
Pemkab Bangka Terima DIPA 2020
Pemkab Bangka Terima DIPA 2020
Rabu, 20 November 2019 11:44 WIB
PANGKALPINANG- Wakil Bupati Bangka, Syahbudin SIp menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,
Peringati Maulid Nabi, SMAN 1 Puding Besar Dan BKPRMI Bangka Gelar Acara Tabliq Bersama Ustad Cholidi 
Peringati Maulid Nabi, SMAN 1 Puding Besar Dan BKPRMI Bangka Gelar Acara Tabliq Bersama Ustad Cholidi 
Kamis, 14 November 2019 21:10 WIB
PUDINGBESAR - SMAN 1 Puding Besar bersama dengan BKPRMI Bangka beserta Kasih Palestina menyelenggarakan acara tabliq atau ceramah agama Islam dengan
IKM Basel Belajar ke Bangka
IKM Basel Belajar ke Bangka
Rabu, 13 November 2019 18:48 WIB
SUNGAILIAT - Sebanyak 20 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Bangka Selatan melakukan kunjungan ke pelaku IKM