Memasuki Musim Kemarau, Distan Bangka Himbau Petani Tidak Tanam Padi


Memasuki Musim Kemarau, Distan Bangka Himbau Petani Tidak Tanam Padi

SUNGAILIAT -  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani mengimbau kepada seluruh petani dan Gapoktan daerah Bangka untuk tidak menanam padi karena mengingat waktu memasuki musim kemarau. 

"Tanaman tersebut dianggap lebih efektif untuk bercocok tanam dalam memasuki musim kemarau saat ini. Karena lahan yang biasa ditanam padi sebelumnya itu, lahannya tetap basah tetapi tidak berair dan tanaman tersebut sangat cocok untuk ditanamkan " katanya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2019).

Memasuki musim kemarau ini, ia mengungkapkan,  sampai saat ini belum ada laporan tentang sawah ataupun tanaman lainnya yang mengalami gagal panen.

"Kita juga telah melakukan antisipasi terhadap sawah petani yang mengalami gagal panen dengan cara menjalin kerjasama dengan asuransi Jasindo," ungkapnya.

Ia menjelaskan, asuransi tersebut untuk lahan sawah dengan pola subsidi dari pemerintah. "Mereka hanya membayar per hektarnya itu sebesar Rp32 ribu. Tetapi mereka bisa klaim sampai Rp6 juta, kalau mengalami gagal panen," jelasnya. 

Ia juga menambahkan, Kerjasama dengan Jasindo ini sudah berlangsung sejak 2018 yang lalu, dimana manfaat dari kerjasama tersebut untuk membantu para petani yang mengalami gagal panen. 

"Seperti akibat kekeringan, kebanjiran, hama penyakit, itu sudah kita siapkan tetapi pola kami disini tidak perhektar, tapi perpetak mengingat yang bisa diklaim itu lahan rusak sekitar 70 persen," tandasnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Melati Erzaldi : Kartini Milenial Harus Miliki 6 Hal
Melati Erzaldi : Kartini Milenial Harus Miliki 6 Hal
Senin, 22 April 2019 15:03 WIB
SUNGAILIAT - Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, memberikan materi mengenai Esensi Kartini dihadapan Puluhan Mahasiswa/Mahasiswi
Gubernur Erzaldi Ingin Babel Ukir Sejarah untuk Islam
Gubernur Erzaldi Ingin Babel Ukir Sejarah untuk Islam
Selasa, 09 April 2019 02:16 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Senin (8/4/2019) malam, membuka Silaturahmi Nasional Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Tabrak Pagar, Pengendara Mio Tewas
Tabrak Pagar, Pengendara Mio Tewas
Selasa, 23 Juli 2019 14:00 WIB
SUNGAILIAT - Hardin (28) warga Buton ditemukan tewas didalam selokan yang tak jauh dari Jalan Pelabuhan, Kecamatan Sungailiat, Selasa pagi
Bupati Mulkan Buka Grand Final Pemilihan Bujang Miak Bangka 2019
Bupati Mulkan Buka Grand Final Pemilihan Bujang Miak Bangka 2019
Minggu, 21 Juli 2019 18:36 WIB
SUNGAILIAT - Bupati Bangka Mulkan SH,MH, membuka secara resmi  malam grand final pemilihan Bujang Miak Bangka 2019, berlangsung diruang Ballroom