Wabup Bangka Berharap Perayaan Peh Cun Terus Dilestarikan


Wabup Bangka Berharap Perayaan Peh Cun Terus Dilestarikan

SUNGAILIAT - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bangka, Syahbudin menghadiri perayaan hari Peh Cun yang berlangsung di Pantai Wisata Tongaci, Jalan Laut kelurahan Matras, Jumat (07/06/2019).

Pada kesempatan tersebut, Wabup Syahbudin mengatakan, Perayaan Peh Cun atau Ng Ngiat Ciat dalam rangka menggali dan melestarikan budaya Bangka dengan mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan.

"Akulturasi budaya menjadi modal yang paling tepat dalam menjalin kerjasama antar masyarakat yang hitrogen karena kehidupan bermasyarakat itu simbiosis mutualisme yakni saling membutuhkan antara satu dengan lainnya," katanya.

Menurut dia, Perayaan Peh Cun harus terus dilestarikan khususnya di Bumi Sepintu Sedulang pasalnya budaya ini banyak mengandung pesan-pesan moral yang dapat dijadikan panutan bagi masyarakat tidak hanya bagi etnis Tionghoa saja.

"Perayaan Peh Cun ini dapat mengingat asal muasal dan dapat memetik hikmahnya. Perayaan Peh Cun dirayakan Bukan dari segi budayanya saja, tetapi juga nilai-nilai moral yang terkandung didalamnya. inilah potret keharmonisan dan kemesraan budaya tionghoa dengan kebudayaan asli indonesia," terangnya.

Ia menjelaskan, pengakuan budaya Tionghoa merupakan bagian dari budaya nasional yang sudah semestinya dilakukan karena interaksi dari keduanya sudah berlangsung cukup lama. Hal ini semakin memperkaya budaya indonesia dengan membangkit secara bersama-sama.

"Menjaga indentitas kebhinekaan dan integritas bangsa dengan kekuatan budaya merupakan bagian penting dari integritas Indonesia. Dengan keberagaman didalamnya, mari kita junjung kebhinekaan dan kemajemukan bangsa dari segi ideologi, agama, suku dan politik," jelasnya.

Ia berharap, pada Perayaan Peh Cun ini dapat menjadi warisan budaya yang langgeng dan dapat meregenerasi.
Sebagai awal perbaikan bangsa dengan berbasis kebhinekaan yang sangat natural dan bersinergikan segenap kekuatan Bangsa menuju Indonesia yang lebih baik.

"Seperti kegiatan yang terlaksana ini merupakan bagian dari kebudayaan etnis tionghoa yang memiliki keunikan ,sehingga pantas dilestarikan dalam menambah Hasanah budaya bangsa. Untuk itu Selamat merayakan ibadah Peh Cun atau Ng Ngiat Ciat," tutupnya.

Perayaan Peh Cun ataupun Ng Ngiat Ciat adalah salah satu perayaan hari besar etnis warga keturunan Tionghoa yang jatuh pada tanggal 5 bulan 5 bertepatan pada kalender imlex disetiap tahunnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Lantik 148 Pegawai Pemkab Bangka, Mulkan : Mutasi dan Rotasi Merupakan Hal Lumrah
Lantik 148 Pegawai Pemkab Bangka, Mulkan : Mutasi dan Rotasi Merupakan Hal Lumrah
Jum'at, 22 Januari 2021 14:08 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka kembali melakukan perombakan dalam struktur pemerintahannya, kali ini pelantikan dilakaanakan bagi 148 orang pegawai di
Balai Benih Pertanian Air Pelempang Siap Ditanami Porang
Balai Benih Pertanian Air Pelempang Siap Ditanami Porang
Kamis, 21 Januari 2021 21:46 WIB
MENDO BARAT – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menetapkan porang sebagai komoditas unggulan di Kepulauan Bangka Belitung untuk
Bupati Bangka Ajak Masyarakat Sukseskan Imunisasi Difteri
Bupati Bangka Ajak Masyarakat Sukseskan Imunisasi Difteri
Rabu, 20 Januari 2021 15:34 WIB
Mendo Barat - Bupati Bangka, Mulkan SH MH mengajak seluruh masyarakat khususnya di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat untuk
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Rabu, 21 Oktober 2020 21:55 WIB
TUING - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bangga terhadap pameran virtual pertama yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan