Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT


Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT

SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka  meluncurkan (launching) Aplikasi Online SMART-IN PIRT (Sistematis Modern Akuntable Responsif dan Terpadu Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga) dalam rangka peningkatan pelayanan sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, yang berlangsung diruang OR Bina Praja, Senin (20/05/2019).

Pemerintah Kabupaten bangka melalui Seketaris Daerah (Sekda) Akhmad Mukshin mengatakan, aplikasi online merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kebutuhan pelayanan terhadap masyarakat khususnya yang berusaha dibidang penggelolaan pangan UMKM industri rumah tangga.

"Dengan adanya aplikasi ini tentunya perkembangan perekonomian daerah khususnya disektor pangan penggelolaan berlatar belakang mengalami peningkatan. Pelaku usaha mulai bermunculan ketika meningkatnya kebutuhan masyarakat," katanya.

Mukhsin menjelaskan, Aplikasi Smart-in PIRT ini merupakan suatu terobosan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kangka. Aplikasi ini dapat memfasilitasi para UMKM yang bergerak dibidang penggelolaan pangan industri Rumah Tangga 

"Aplikasi ini dibuat agar dapat mengurus perizinanya dengan cepat. Pengusaha tersebut dapat melakukan perizinanya melalui HP Androidnya dan secara langsung dapat mengikuti penyuluhan dengan mandiri dan penilaian," Jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka,  dr. Then Suyanti  menambahkan, Aplikasi online SMART-IN PIRT merupakan inovasi untuk mendukung peningkatan pelayanan terutama disegi perizinan.

"Diharapkan dapat mempercepat proses spektifikasi PIRT, sehingga pelaku usaha UMKM tidak memakan waktu yang lama untuk memproses perizinannya. Persyaratan untuk PIRT sendiri adalah PKP (Penyuluhan Keamanan Pangan) dan Lifehiking. Untuk PKP sendiri diadakan dalam setahun itu sebanyak dua kali," ungkapnya.

Rancangan Aplikasi ini, dijelaskannya, telah dilakukan uji coba dan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) agar nantinya dapat dikerjakan dinas, rumah, puskesmas ataupun dimana saja.

"Dalam uji coba, pengusaha tersebut dipanggil dengan membawa persyaratan masing- masing dan bagi pengusaha yang tidak lulus dalam uji coba tersebut, maka dapat mengulanginya lagi dirumahnya," terangnya. (CR15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Bupati Mulkan Himbau Masyarakat Turut Serta Semarakkan Triathlon Ke-7
Bupati Mulkan Himbau Masyarakat Turut Serta Semarakkan Triathlon Ke-7
Jum'at, 14 Juni 2019 18:16 WIB
SUNGAILIAT - Jelang perlombaan renang, sepeda dan berlari pada perhelatan akbar Triathlon ke-7, Bupati Bangka, Mulkan menghimbau kepada seluruh stakeholder
Buaya Tiga Meter Berhasil Ditangkap Warga Sinarjaya
Buaya Tiga Meter Berhasil Ditangkap Warga Sinarjaya
Jum'at, 14 Juni 2019 17:28 WIB
SUNGAILIAT - Warga Kelurahan Sinarjaya berhasil menangkap seekor buaya sepanjang tiga meter dengan cara memberikan pancingan umpan di aliran Sungai
Bupati Mulkan Resmi Buka Bangka Expo 2019
Bupati Mulkan Resmi Buka Bangka Expo 2019
Kamis, 13 Juni 2019 22:27 WIB
SUNGAILIAT - Bupati Bangka, Mulkan bersama Ketua TP PKK, Yusmiati Mulkan secara resmi membuka acara Bangka Expo 2019 dengan melakukan
Bupati Mulkan Kembali Sidak 6 Puskesmas Di 1 Kelurahan dan 5 Kecamatan
Bupati Mulkan Kembali Sidak 6 Puskesmas Di 1 Kelurahan dan 5 Kecamatan
Selasa, 11 Juni 2019 13:17 WIB
SUNGAILIAT - Bupati bangka Mulkan kembali melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di enam puskesmas, satu Kelurahan dan lima kecamatan di