Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT


Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT

SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka  meluncurkan (launching) Aplikasi Online SMART-IN PIRT (Sistematis Modern Akuntable Responsif dan Terpadu Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga) dalam rangka peningkatan pelayanan sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, yang berlangsung diruang OR Bina Praja, Senin (20/05/2019).

Pemerintah Kabupaten bangka melalui Seketaris Daerah (Sekda) Akhmad Mukshin mengatakan, aplikasi online merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kebutuhan pelayanan terhadap masyarakat khususnya yang berusaha dibidang penggelolaan pangan UMKM industri rumah tangga.

"Dengan adanya aplikasi ini tentunya perkembangan perekonomian daerah khususnya disektor pangan penggelolaan berlatar belakang mengalami peningkatan. Pelaku usaha mulai bermunculan ketika meningkatnya kebutuhan masyarakat," katanya.

Mukhsin menjelaskan, Aplikasi Smart-in PIRT ini merupakan suatu terobosan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kangka. Aplikasi ini dapat memfasilitasi para UMKM yang bergerak dibidang penggelolaan pangan industri Rumah Tangga 

"Aplikasi ini dibuat agar dapat mengurus perizinanya dengan cepat. Pengusaha tersebut dapat melakukan perizinanya melalui HP Androidnya dan secara langsung dapat mengikuti penyuluhan dengan mandiri dan penilaian," Jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka,  dr. Then Suyanti  menambahkan, Aplikasi online SMART-IN PIRT merupakan inovasi untuk mendukung peningkatan pelayanan terutama disegi perizinan.

"Diharapkan dapat mempercepat proses spektifikasi PIRT, sehingga pelaku usaha UMKM tidak memakan waktu yang lama untuk memproses perizinannya. Persyaratan untuk PIRT sendiri adalah PKP (Penyuluhan Keamanan Pangan) dan Lifehiking. Untuk PKP sendiri diadakan dalam setahun itu sebanyak dua kali," ungkapnya.

Rancangan Aplikasi ini, dijelaskannya, telah dilakukan uji coba dan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) agar nantinya dapat dikerjakan dinas, rumah, puskesmas ataupun dimana saja.

"Dalam uji coba, pengusaha tersebut dipanggil dengan membawa persyaratan masing- masing dan bagi pengusaha yang tidak lulus dalam uji coba tersebut, maka dapat mengulanginya lagi dirumahnya," terangnya. (CR15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Hadiri Perayaan HUT Ke 69 Polairud, Ini Pesan Kapolda Babel 
Hadiri Perayaan HUT Ke 69 Polairud, Ini Pesan Kapolda Babel 
Kamis, 05 Desember 2019 16:06 WIB
MERAWANG - Puncak perayaan HUT Ke 69 Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berlangsung khidmat dengan diisi dengan berbagai rangkaian
Tanam Sorgum di Kawasan Perkebunan Air Anyer
Tanam Sorgum di Kawasan Perkebunan Air Anyer
Senin, 02 Desember 2019 05:55 WIB
MERAWANG - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan penanaman Sorgum Organik di Kawasan Perkebunan di Desa Air
Tanam 1000 Pohon Pelawan, Reklamasi Kawasan Air Jangkang
Tanam 1000 Pohon Pelawan, Reklamasi Kawasan Air Jangkang
Minggu, 01 Desember 2019 13:29 WIB
MERAWANG - Reklamasi kawasan Air Jangkang Desa Riding Panjang Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka
KABUPATEN BANGKA RAIH PREDIKAT SANGAT INOVATIF DARI MENDAGRI
KABUPATEN BANGKA RAIH PREDIKAT SANGAT INOVATIF DARI MENDAGRI
Selasa, 26 November 2019 11:13 WIB
PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bangka kembali menerima penghargaan pada ajang Innovative Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan indeks