Bangka Akan Berdiri Pelabuhan Baru, Pemkab Siapkan Lahan Seluas 854 Hektar


Bangka Akan Berdiri Pelabuhan Baru, Pemkab Siapkan Lahan Seluas 854 Hektar

SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka telah menyiapkan lahan seluas 854 hektar sebagai lokasi yang akan didirikan pelabuhan baru oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel di Dusun Tuing, Desa Mapur, Kecamatan Riausilip.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, rencana pembangunan pelabuhan adalah langkah Pemprov Babel untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekaligus sebagai pelabuhan penyanggah pelabuhan Pangkalbalam.

"Saat ini kita sedang melakukan survei dan yang kedua melakukan penyelesaian menyangkut lahan, " ujar Mulkan, Selasa (9/4/2019).

Menurut Mulkan, rencana pembangunan pelabuhan bukan sekedar isapan jempol semata, pasalnya Pemprov Babel telah memiliki materplan yang rencananya akan dibangun di Dusun Mapur, Kecamatan Riausilip.

Proyek pelabuhan merupakan anggaran APBD Provinsi Babel  disini Pemkab Bangka hanya membuat  rekomendasi atas persetujuan pembangunan pelabuhan.

"Pelabuhan Pangkalbalam di Pangkalpinang saat ini sudah terlihat sangat sempit, dengan adanya pelabuhan baru nantinya dapat dijadikan pelabuhan penyanggah  alur mudik muatan barang dan sebagainya," kata Mulkan.

Terkait dengan titik lokasi  pembangunan pelabuhan di dusun Tuing? Mulkan menjelaskan,  menyampaikan kenapa titik lokasi pembangunan pelabuhan ini ditempatkan di Tuing..? Hal itu dikarenakan kedalaman air didaerah tersebut sudah memenuhi kriteria dan diharapkan tidak mengalami kegagalan seperti pelabuhan niaga yang sudah ada saat ini.

 "Dengan adanya pelabuhan ini, kita harapkan dapat dijadikan sebagai pendapatan APBD. Sedangkan, untuk infrastruktur jalan tahun ini kita sudah bangun sepanjang 7 Km. Jadi untuk infrastruktur jalan tidak menjadi masalah, karena tahun ini akan selesai dibangun,"terang Mulkan.

Bupati berharap, pelabuhan dapat dibangun di tahun 2020, karena saat ini pihak provinsi sudah mempunyai master plannya Dan biaya yang digunakan nanti menggunakan anggaran dari provinsi.

"Kita hanya menginginkan dan menyarankan kepada tim teknis untuk menyelesaikan beberapa persyaratan yang salah satunya syarat administrasi seperti adanya persetujuan dari pihak masyarakat setempat.
Jadi jangan sampai nanti kontraktor sudah siap kerja, masih ada permasalahan dengan masyarakat," pungkasnya.(cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT
Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT
Senin, 20 Mei 2019 21:36 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka meluncurkan (launching) Aplikasi Online SMART-IN PIRT (Sistematis Modern Akuntable Responsif dan Terpadu Perizinan Pangan
Bupati Mulkan Imbau Masyarakat Bangka Tidak Ikut Aksi People Power
Bupati Mulkan Imbau Masyarakat Bangka Tidak Ikut Aksi People Power
Minggu, 19 Mei 2019 16:03 WIB
SUNGAILIAT - Maraknya isu akan adanya aksi People Power di beberapa Wilayah Indonesia, Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan meminta kepada masyarakat
PDI Perjuangan Bangka Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu
PDI Perjuangan Bangka Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu
Minggu, 19 Mei 2019 16:00 WIB
SUNGAILIAT - keluarga besar PDI Perjuangan Bangka Belitung menggelar acara buka puasa bersama anak-anak yatim piatu dan masyarakat di Kantor
Wabup Bangka Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Nurul Ilmi
Wabup Bangka Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Nurul Ilmi
Minggu, 19 Mei 2019 02:11 WIB
SUNGAILIAT - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bangka, Syahbudin meletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Ilmi yang berlokasi didepan Akademi Komunitas