PJU Solar Cell Tidak Berstandar SNI? Cek Spesifikasi, Kajari Minta PJU Diturunkan


PJU Solar Cell Tidak Berstandar SNI? Cek Spesifikasi, Kajari Minta PJU Diturunkan

SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka, Jeffry Huawe  didampinggi Kasi Inte Andi turun langsung kelokasi,  untuk melihat langsung kondisi proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jembatan Batu Rusa Bangka, yang dikerjakan oleh kontraktor PT Ricky Kencana senilai Rp 46 Miliar, Kamis (21/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Kejari meminta Manager Proyek PT Ricky Kencana Sukses Mandiri selaku kontraktor PJU Jembatan Batu Rusa Bangka, M Toyib,  segera menurunkan parangkat PJU solar call untuk dicek spesifikasi karena diduga PJU tersebut tidak berstandar SNI. Pasalnya, dalam dua bulan pasca dipasang sebagian besar lampu sudah tidak menyala sesuai harapan masyarakat.

"Saya minta lampu jalan ini di turunkan, kita pengen lihat spek dan nanti ada pejabat teknis dari PUPR. Rujukan kita tetap PUPR, kita minta lihat juknisnya, speknya sesuai atau tidak, kalau speknya sudah sesuai kita lihat soal kualitas barang," tegasnya.

Dikatakan Kajari, kualitas barang itu sudah berlaku umum di semua Provinsi,  jadi setiap pengadaan barang dan jasa diserahkan menjadi milik negara, maka barang ini harus tersertifikasi oleh negara. Nah, jadi untuk PJU harus memiliki berstandar SNI.
"Ngak boleh kalau ngak ada SNI, kenapa begitu, kalau ada SNI nya terus tiba tiba rusak nah itu bisa dipos major. Nah, kalau tidak ada SNI nya, dia mati pertangungjawabannya bukan lagi pos major. Maka itu kita turunkan dan cek spesifikasi," ungkapnya.

Kajari sendiri menurut Jeffri telah melakukan komonikasi dengan penyedia (kontraktor..red), dari hasil itu, kontraktor berjanji akan melakukan pergantian, namun setelah dicek kondisi lampu selalu mati," Ya setelah kita cek lampu masih mati. Maka itu kita sampaikan kepada masyarakat ini merupakan respon dari Kejaksaan sebagaibentuk pertangungjawaban moral kepada seluruh masyarakat untuk memberikan yang terbaik salah-satunya dengan cara turun langsung kelokasi," pungkasnya.

Sementara Manager Proyek PT Ricky Kencana Sukses Mandiri mengatakan, pengerjaan proyek pemasangan lampu jalan dikerjakan oleh subkontraktor, namun dalam penyelesaian proyek tetap melibatkan pihak perusahaan.

"Kita sudah menerima laporan adanya kerusakan lampu jalan ini, tapi masalahnya ada beberapa pembelian yang harus menunggu hingga lebih dari satu minggu. Tapi tetap kita upayakan," kata Toyib. (wah)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Mulkan  : Pilih Sesuai Dengan Hati Nurani
Mulkan : Pilih Sesuai Dengan Hati Nurani
Rabu, 17 April 2019 10:32 WIB
SUNGAILIAT Bupati Bangka Mulkan bersama istri , Yusmiarti Mulkan mengunakan hak suaranya pada Pemilu serentak 2019, di TPS 11
Bupati & Forkopimda Bangka Tinjau Persiapan TPS
Bupati & Forkopimda Bangka Tinjau Persiapan TPS
Selasa, 16 April 2019 16:46 WIB
SUNGAILIAT - Jelang Pemilu Serentak 17 april 2019, Bupati Bangka, Mulkan bersama Wakil Bupati Syahbudinmeninjau langsung persiapan sejumlah
KPU Bangka Musnahkan 20.288 Lembar Surat Suara
KPU Bangka Musnahkan 20.288 Lembar Surat Suara
Selasa, 16 April 2019 15:59 WIB
SUNGAILIAT - Sebanyak 20.288 surat suara Pemilu 2019 , dimusnahkan oleh KPU Bangka, Selasa (16/4), bertempat di Gedung Diklat Pemkab
Aktivitas Tambang Bukit Kelayang Masih Membandel
Aktivitas Tambang Bukit Kelayang Masih Membandel
Senin, 15 April 2019 18:08 WIB
BAKAM - Aktivitas tambang Inkonvensional pasir timah dengan sistem rajuk di seputaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Bukit Layang, Kecamatan