KPU Bangka Sosialisasi Lima Kertas Suara Pemilu 2019


KPU Bangka Sosialisasi Lima Kertas Suara Pemilu 2019

SUNGAILIAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka mengadakan sosialisasi lima kertas suara Pemilu serentak yang akan berlangsung pada 17 April 2019. Lima surat suara tersebut meliputi, surat suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten.

" Nanti setiap pemilih akan mendapatkan lima kertas suara.  Warna Abu-abu untuk mencoblos calon Presiden dan Wakil Presiden, warna Kuning DPR, warna Merah DPD, warna Biru untuk DPRD Provinsi dan warna Hijau untuk DPRD kabupaten," ujar Ketua KPU Bangka M Hasan melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Hartati, Sabtu (9/3/2019).

Pada Pemilu 2019 ini diikuti oleh 20 Partai Politik (Parpol), dua Paslon Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan, DPD kabupaten Bangka diikuti 15 orang, dan DPRD Kabupaten Bangka sebanyak 458 orang.

Untuk pemilu 2019 boleh diikuti oleh penduduk yang bukan didaerah Bangka yaitu mereka yang terdaftar di JPTD yakni yang bisa mengurus A Lima (5).

A Lima (5 )tersebut tidak hanya bisa diurus di KTP asal mereka tetapi bisa diurus di kantor KPU tujuan maupun asal dan itu bisa melalui TPS maupun langsung dikantor KPU kabupaten bangka.

Mereka tersebut dimasukan kepemilih DPTB (daftar pemilih tambahan) yang artinya mereka sudah terdaftar di DPT nya (daftar pemilih tetap) tetapi dengan alasan tertentu.

Seperti sekolah diluar, lagi sakit, karena bekerja, sehingga tidak bisa menjalankan pemilu didaerahnya dan mereka bisa memilih asalkan mereka bisa mengurus A Lima (5) yakni surat pindah memilih.

" Untuk pemilih yang mempunyai KTP tetapi tidak terdaftar di DPT maupun DPTB ,maka bisa di akomodir dan mereka dikategori kan kwpemilih khusus,yang artinya bisa mengunakan KTP tetapi harus mencoblod bedasarkan alamat sesuai di KTPnya," jelasnya.(cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Bupati Mulkan Lantik 155 Pejabat Eselon Tiga dan Empat
Bupati Mulkan Lantik 155 Pejabat Eselon Tiga dan Empat
Senin, 27 Mei 2019 13:51 WIB
SUNGAILIAT - Sebanyak 155 pejabat eselon III dan eselon IV dilingkungan Pemkab Bangka resmi dilantik oleh Bupati Bangka, Mulkan SH,
Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT
Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT
Senin, 20 Mei 2019 21:36 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka meluncurkan (launching) Aplikasi Online SMART-IN PIRT (Sistematis Modern Akuntable Responsif dan Terpadu Perizinan Pangan
Bupati Mulkan Imbau Masyarakat Bangka Tidak Ikut Aksi People Power
Bupati Mulkan Imbau Masyarakat Bangka Tidak Ikut Aksi People Power
Minggu, 19 Mei 2019 16:03 WIB
SUNGAILIAT - Maraknya isu akan adanya aksi People Power di beberapa Wilayah Indonesia, Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan meminta kepada masyarakat
PDI Perjuangan Bangka Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu
PDI Perjuangan Bangka Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu
Minggu, 19 Mei 2019 16:00 WIB
SUNGAILIAT - keluarga besar PDI Perjuangan Bangka Belitung menggelar acara buka puasa bersama anak-anak yatim piatu dan masyarakat di Kantor