Pemda Bangka Peringati Hari Bela Negara dan Hari Nusantara


Pemda Bangka Peringati Hari Bela Negara dan Hari Nusantara

SUNGAILIAT- Para pegawai Pemda Kabupaten Bangka bersama dengan jajaran TNI Polri melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 dan Hari Nusantara tahun 2018, Rabu (19/12/2018) di Lapangan Upacara Kantor Bupati Bangka, Jalan A. Yani, Jalur Dua, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Babel.

Inspektur upacara, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.I.P., yang membacakan amanah Menteri Kordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto pada peringatan Hari Bela Negara mengatakan bahwa pada tanggal 19 Desember, 70 tahun yang lalu, MR Syafrudin Prawiranegara, Menteri Kemakmuran RI, mendeklarasikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) atas inisiatifnya melampaui panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Upaya politik dan diplomasinya terbukti berhasil mengatasi kekuatan militer penjajah dan menunjukkan kepada dunia bahwa Republik Indonesia masih tetap berdiri tegak.

‘’Penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai Hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas. Bela Negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,’’ungkap Syahbudin.

Dikatakannya lagi, tugas bela negara bukanlah tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi, namun melalui sinergi antar segenap elemen bangsa Indonesia, sipil, militer, yang menjalankan usaha, yang belajar dan mengajar, yang mewartakan berita, hingga yang menjadi teladan masyarakat, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri, adil, dan makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan.
‘’Selamat Hari Bela Negara tahun 2018, jaga persatuan dan kesatuan bangsa, pertebal rasa cinta tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai tugas dan profesi masing-masing,’’jelasnya.

Setelah membacakan sambutan Menteri Wiranto, Wabup Bangka juga membacakan amanah Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Nusantara tahun 2018 dengan mengatakan bahwa, penyelenggaraan hari Nusantara tahun 2018, tidak terlepas dari perjuangan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Kesatuan RI sebagai negara kepulauan, yang pertama kali tercetus melalui “Deklarasi Djoenda’’ pada tanggal 13 Desember 1957.

‘’Sejarah panjang terbentuknya negara kepulauan Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri, hal ini tidak terlepas dari kondisi geografis negara kita dimana 75 % adalah lautan dengan hamparan wilayah pesisir mencapai 95.181 km,’’ungkap Wabup Bangka.
Dikatakannya lagi, ada 3 poin dalam melakukan pembangunan kelautan yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara, yakni :

  • Perlu dilakukan kordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas kebijakan baik antara pemerintah dengan pemerintah, pemerintah dengan Pemda, antar pemda maupun antar pemerintah, Pemda dengan sektor swasta.
  • Mempercepat pembangunan insfrastruktur kelautan.
  • Perlu penegakan kebijakan di bidang konservasi habitat biota laut dalam pengembangan pemanfaatan potensi di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil di seluruh Indonesia, hal tersebut berkaitan dengan peran laut terhadap adaptasi dan mitigasi bencana.
‘’Semoga dengan peringatan Hari Nusantara 2018 dapat memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, memacu daerah untuk lebih berkreatif dalam mengelola sumber daya di wilayah laut,’’jelas Wabup Bangka.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut dihadiri juga oleh para kepala Organiasasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Bangka, jajaran Polres Bangka, TNI, dan ratusan pegawai Pemda Bangka. (Edo/Foto.Aldi/Humas)
 





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Horming Warga Kace Hibahkan Tanah 1,2 Hektar Untuk Pembangunan Sekolah
Horming Warga Kace Hibahkan Tanah 1,2 Hektar Untuk Pembangunan Sekolah
Rabu, 20 Maret 2019 15:56 WIB
SUNGAILIAT - Horming, Tokoh Masyarakat ( Tomas) Desa Kace Kecamatan Mendo Barat, Bangka rela menghibahkan tanah seluas 1,2 hektar
Kepala UPLB PT Timah Belinyu : Izin KIP di Perairan Remondong Legal, Nelayan Tetap Tolak Aktifitas KIP
Kepala UPLB PT Timah Belinyu : Izin KIP di Perairan Remondong Legal, Nelayan Tetap Tolak Aktifitas KIP
Senin, 18 Maret 2019 19:44 WIB
SUNGAILIAT - Kepala UPLB PT Timah Tbk Belinyu, Ali Samsuri menegaskan jika Surat Perintah Kerja (SPK) yang dikeluarkan PT Timah
Ratusan Massa Gruduk Kantor UPLB PT Timah Tbk Belinyu
Ratusan Massa Gruduk Kantor UPLB PT Timah Tbk Belinyu
Senin, 18 Maret 2019 13:12 WIB
BELINYU - Ratusan massa tergabung dalam nelayan Bangka, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengelar unjukrasa di kantor Unit
400 Peserta Ramaikan Hari Jadi Palawidja Bike Bangka
400 Peserta Ramaikan Hari Jadi Palawidja Bike Bangka
Minggu, 17 Maret 2019 19:42 WIB
SUNGAILIAT - Dalam rangka menyemarakan hari jadi ke-7, komunitas Palawidja Bike Bangka menggelar Gowes Ngelinteng Kampung, Minggu (17/3/2019).