Gabungan Nelayan Usir Paksa KIP Blessing and Grace, Polisi Berpesan Jangan Anarkis


Gabungan Nelayan Usir Paksa KIP Blessing and Grace, Polisi Berpesan Jangan Anarkis

BELINYU - Lantaran kesal akibat eksploitasi timah laut oleh Kapal Isap Produksi (KIP)  Blessing and Grace milik PT Surya Semesta Persada (SSP) atau PT Artha Cipta Langgeng (ACL) di Laut Simping, teluk Kelabat Bangka membuat puluhan gabungan nelayan melakukan pengusiran secara paksa, Kamis (26/7).

Namun dalam aksi itu, nampak dilakukan pengawalan ketat oleh aparat gabungan yang terdiri dari jajaran Polres Bangka, Sat Polair Polres, TNI, Sat Pol PP Bangka dan Polsek Belinyu.

Terpantau, gabungan nelayan tersebut terdiri dari nelayan Batu Dinding, Romodong Kabupaten Bangka serta nelayan dari Bakek dan Tanjung Ruh Kabupaten Bangka Barat yang mulai bergerak sekitar pukul 10.30 WIB di Pelabuhan Batu Dinding. 

Sebelum bergerak, Direktur LKPI Sungailiat Abu Hanif berpesan kepada seluruh nelayan kegiatan yang dilakukan hari ini hanya bersifat pengusiran kapal isap saja.

Ditegaskannya, nelayan jangan sampai berbuat yang berdampak merugikan nelayan itu sendiri.

"Tujuan kita jelas, DPRD sudah mendukung agar KIP ini tidak mengganggu aktivitas nelayan. Sementara, dari pemerintah daerah kita sudah sampaikan namun tidak didengar, ingat ya kita usir sesuai aturan dan perundang-undangan," tegas Abu Hanif dalam orasinya.

Sementara, dari pihak kepolisian yang disampaikan oleh Kapolres Bangka AKBP M Budi Aryanto melalui Kabag Ops Kompol S Sophian menuturkan nelayan silahkan menyampaikan aspirasi kepada pihak kapal isap. Namun jangan sampai berbuat anarkis yang akhirnya berdampak merugikan. 

"Jangan anarkis, kalau anarkis benar jadi salah, mau unjuk rasa silahkan, jangan bawa sajam, minyak gunakan untuk perahu saja.Jangan bakar-bakar," pesan Sophian.(dev)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Bupati Bangka Minta Pegawai Mendisiplinkan Diri
Bupati Bangka Minta Pegawai Mendisiplinkan Diri
Senin, 26 November 2018 20:12 WIB
SUNGAILIAT- Bupati Bangka, Mulkan, S.H.,M.H., menegaskan agar seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Bangka harus mendisiplinkan diri baik dalam pelaksanaan
700 Peserta Ikuti Temu Gembira PMR se Kabupten Bangka
700 Peserta Ikuti Temu Gembira PMR se Kabupten Bangka
Jum'at, 23 November 2018 21:37 WIB
SUNGAILIAT - Temu Gembira Palang Merah Remaja ( PMR ) tahun 2018 se kabupaten Bangka di buka Bupati Bangka diwakili
Ratusan Peserta Ikuti Sepeda Santai HUT Korpri
Ratusan Peserta Ikuti Sepeda Santai HUT Korpri
Jum'at, 23 November 2018 21:34 WIB
SUNGAILIAT - Ratusan peserta mengikuti jalan sehat dan sepeda santai dalam rangka HUT Kopri ke 47, Jumat ( 23/11) di
Alat Pencuci Lada Warga Bangka Juara Nasional
Alat Pencuci Lada Warga Bangka Juara Nasional
Jum'at, 23 November 2018 21:30 WIB
SUNGAILIAT- Alat Pencuci Lada (ACIDA) ciptaan Suripto, petani warga Desa Mabat, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka berhasil menjadi juara nasional pada