KPU Bangka Tetapkan Paslon Terpilih Mulkan-Syahbudin


KPU Bangka Tetapkan Paslon Terpilih Mulkan-Syahbudin

SUNGAILIAT - Setelah dinyatakan tidak ada gugatan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI pada Pilkada Kabupaten Bangka tertanggal 23 Juli 2018, dengan sangat cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka menggelar kegiatan Rapat Pleno Terbuka penetapan pasangan calon terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka tahun 2018, Rabu (25/7) sekitar pukul 16.30 WIB di Gedung Serbaguna (GSG) KPU Bangka. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Bangka yang diwakili Kabag Ops Kompol S Sophian, Kajari, Ketua DPRD, pasangan calon terpilih nomor urut 2 Mulkan-Syahbudin, Komisioner dan Anggota KPU Bangka, Ketua dan Anggota Panwaslu Bangka, Ketua dan Sekertaris Parpol Bangka, PPK dan Anggota se-Bangka serta tamu undangan lainnya. 

Ketua KPU Bangka Zulkarnain dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan kemarin sore adalah hari terpenting dari banyaknya tahapan yang telah dilalui dan tahapan penetapan ini merupakan agenda terakhir oleh pihak penyelenggara KPU Bangka. 

Pada saat penetapan telah dilakukan, nantinya KPU Bangka akan sesegera mungkin menyampaikan dan menyerahkan surat keputusan (SK) hasil penetapan pasangan calon terpilih ke DPRD Bangka untuk selanjutnya pihak legislatif menggagendakan untuk agenda pelantikan pasangan tersebut. 

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, ini berjalan aman, lancar tanpa ada gangguan apapun. Kepolisian back up KPU kegiatan baik dari mulai kampanye dan sebelumnya sudah hadir di KPU untuk beri rasa aman sampai pelaksanaan kampanye dan kegiatan lainnya," kata Zulkarnain. 

Zul meyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak untuk agenda kegiatan penetapan ini yang bersifat mendadak, sebab jika dilakukan pada tanggal 26 Juli 2018 (hari ini) kurang pas lantaran berbenturan dengan kegiatan lanjutan komisioner dalam seleksi ulang untuk KPU Bangka sehingga putuskan hari ini dan undangan baru tersebar tadi pagi.

"Sesuai dengan tahapan bahwa kami menunggu hasil MK setelah tanggal 23 Juli kemarin MK keluarkan surat ke KPU Bangka bahwa hasil Pilkada Bangka tidak masuk daftar gugatan.Alhamdulillah setelah itu kami laksanakan penetapan, rapat pleno penetapan ini dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum.Setelah sebelumnya kita sudah melakukan rekapitulasi hasil Pilkada Bangka," tuturnya. 

Terpantau, tatkala Ketua KPU Bangka mempersilahkan audien untuk memberikan sanggahan dan tanggapan sebelum dibacakannya SK penetapan, tidak ada satupun audien yang memberikan sanggahan dan dipastikan semua pihak menerima hasil Pilkada Bangka tahun ini. 

Bupati Bangka terpilih Mulkan usai kegiatan kepada sejumlah awak media mengungkapkan kemarin merupakan hari bersejarah dan moment yang sangat penting didalam tahapan Pilkada Bangka lantaran berbagai tahapan pesta demokrasi tersebut telah dilalui. 

"Mulai pendaftaran tanggal 9 Januari, proses penetapan paslon 12 Februari dan tahapan kampanye mulai dilakukan pada 15 Februari sampai berakhir pada 23 Juli dan dilanjutkan hari H pencoblosan 27 Juni 2018 hari ini (kemarin) adalah agenda terakhir setelah melalui beberapa tahapan itu. Finalisasi ini alhamdulillah telah dilakukan, artinya kita (Mulkan-Syahbudin) telah ditetapkan sebagai paslon calon bupati dan wakil bupati yang terpilih melalui rapat pleno terbuka kali ini," ungkap Mulkan. 

Pria yang sebelumnya duduk di kursi wakil rakyat Kabupaten Bangka dari Partai Demokrat periode 2014-2019 tersebut menjelaskan, untuk persiapan pelantikan sendiri dirinya bersama Syahbudin menunggu bagian umum dari Pemkab Bangka. Mengingat bahwa proses pelantikan itu merujuk pada Peraturan Mendagri tergolong dilakukan pada gelombang kedua yakni pada bulan Desember mendatang. 

Akan tetapi, dirinya juga meminta kepada DPRD Bangka untuk berkonsultasi ke pemerintah pusat agar diupayakan proses pelantikan dapat dimajukan dari agenda yang sebelumnya telah ditetapkan. Sembari menunggu agenda pelantikan, Mulkan menambahkan pihaknya mulai aktif melakukan koordinasi dengan jajaran SOTK Pemkab Bangka guna menyoundingkan RPJMD 2019 sesuai dengan visi-misi pihaknya saat proses pencalonan. 

"Alhamdulillah kami telah ditetapkan pada tanggal 25 Juli 2018 kemarin dan kami banyak ucapkan ribuan terimakasih terutama kepada KPU yang telah bekerja keras dan telah memposisikan diri sebagai penyelanggara Pilkada yang benar netral, ini menurut kacamata kami, hasilnya sapapaun sampai hari ini tidak ada klaim mengklaim baik ke tim kami dan ke KPU.

Alhamdulillan kita juga raih suara terbanyak, dari data Pilkada tahun ini Kabupaten Bangka paling tertinggi dan persentase tertinggi raihan suara terbanyak oleh paslon nomor urut 2.Insya allah kami akan jalankan amanah denga sebaik-baiknya, mohon bantuan kerjasama dari elemen dan stakholder, bila ada kesalahan beri masukan tolong tegur, bila benar mohon didukung.Kami juga ucapkan terima kasih kepada Kajari, Kapolres Bangka, minta bimbingan dalam pelaksanaan program pemerintah nanti mudah-mudahan bisa bersinergi dengan baik. Terima kasih," bebernya. 

Sementara, Syahbudin menambahkan, secara keseluruhan proses pesta demokrasi ini berjalan baik, aman dan kondusif. Perlu diketahui masa kampanye sangat banyak gesekan yang terjadi antar masing-masing pasangan calon dan tim pemenang guna ingin mencuri hati dan simpati kepada masyarakat.

"Karena penetapan ini sudah dilakukan sebagaimana keputusan KPU dan MK seperti yang dibacakan oleh pak Ketua KPU, kami mengimbau pendukung paslon nomor urut 3 dan paslon nomor urut 1, ini Negeri Bangka yang kita cintai, ayo kita bangun Bangka.Mari rapatkan barisan, tidak ada lagi pendukung yang terkotak-kotak, kami bukan yang terbaik, tapi tolong jika kami salah kami untuk diingatkan dan kalau benar agar selalu didukung," harap Syahbudin.(dev)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT
Pemkab Bangka Launching Aplikasi Online SMART-IN PIRT
Senin, 20 Mei 2019 21:36 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka meluncurkan (launching) Aplikasi Online SMART-IN PIRT (Sistematis Modern Akuntable Responsif dan Terpadu Perizinan Pangan
Bupati Mulkan Imbau Masyarakat Bangka Tidak Ikut Aksi People Power
Bupati Mulkan Imbau Masyarakat Bangka Tidak Ikut Aksi People Power
Minggu, 19 Mei 2019 16:03 WIB
SUNGAILIAT - Maraknya isu akan adanya aksi People Power di beberapa Wilayah Indonesia, Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan meminta kepada masyarakat
PDI Perjuangan Bangka Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu
PDI Perjuangan Bangka Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu
Minggu, 19 Mei 2019 16:00 WIB
SUNGAILIAT - keluarga besar PDI Perjuangan Bangka Belitung menggelar acara buka puasa bersama anak-anak yatim piatu dan masyarakat di Kantor
Wabup Bangka Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Nurul Ilmi
Wabup Bangka Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Nurul Ilmi
Minggu, 19 Mei 2019 02:11 WIB
SUNGAILIAT - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bangka, Syahbudin meletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Ilmi yang berlokasi didepan Akademi Komunitas