Bangka Miliki 8 RPH Bersertifikat Halal


Bangka Miliki 8 RPH Bersertifikat Halal

SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka menjadi Pionir dalam pelayanan  Sertifikat Halal untuk Rumah Potong Hewan (RPH) dan Tempat Potong Unggas (TPU). Hal ini karena di Kabupaten Bangka telah terdapat 8 Tempat Pemotongan Hewan terdiri dari 7 TPU dan 1 RPH yang bersertifikat dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia  (LPPOM MUI) Provinsi Bangka Belitrung.

"Sampai sejauh ini seluruhnya kita telah memiliki delapan Tempat Pemotongan Hewan baik itu TPU ataupun RPH dan Kita Kabupaten Pionir dalam melayani Sertifikat Halal baik TPU ataupun RPH," ungkap Rusmansyah, Kepala Dinas Pangan Pemkab Bangka, kemarin.

Selanjutnya Rusmansyah menjelaskan setiap tahun diharapkan ada peningkatan terkait jumlah Tempat Pemotongan Hewan Di Kabupaten Bangka yang bersetifikat halal, guna mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan Tempat Pemotongan Hewan yang dengan sesuai prosedur dan persyaratan.

"Kita berharap terjadi peningkatan terus dari tahun ke tahunnya terhadap Tempat Pemotongan Hewan ini karena hal ini tentu sangat membantu masyarakat untuk mandapatkan akses dengan mudah dalam melakukan pemilihan serta penentuan tempat yang mereka tidak ragukan lagi dari segala aspek terkait pemotongan hewan baik hewan ternak maupun unggas," harapnya.

Lebih jauh Rusmansyah mengimbau agar seluruh Tempat Pemotongan Hewan yang ada di Kabupaten Bangka sesegera mungkin mengurus sertifikat halal dengan mengikuti prosedur yang ada.

Adapun prosedur tersebut dijelaskan oleh Rusmansyah adalah mengurus melalui Instansi terkait di Pemda yakni melalui Dinas Pangan Kabupaten Bangka yang kemudian akan disurvey, kemudian diarahkan sesuai prosedur atau datang langsung ke LPPOM MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Dalam hal ini kita mengimbau agar semua Tempat Pemotongan Hewan yang di Kabupaten Bangka sesegera mungkin dalam melakukan upaya untuk mendapatkan sertifikat halal yang mana hal ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalui Instansi terkait di Pemda yang kemudian akan disurvey kemudian diarahkan sesuai prosedur atau datang langsung ke LPPOM MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," imbau Rusmanyah.

Untuk itu menurut Rusmansyah pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang memilik Tempat Pemotongan Hewan dengan menyampaikan beberapa materi yang secara garis besarnya bahwa dengan setifikat halal yang mereka dapatkan memberi banyak manfaat khususnya kepercayaan masyarakat dan pendapatan Tempat Pemotongan Hewan tersebut.

"Sejauh ini kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dam tentu pada dasarnya hal tersebut selain Program Pemerintah Daerah juga akan berdampak pada pendapatan mereka yang didasari kepercayaan masrakat terkait sertifikat halal tersebut tentunya," ungkap Rusmansyah.

Rusmansyah menambahkan secara garis besar kiteria pemenuhan indikator nanti adalah bertumpu pada tempat dan sarana yang memenuhi aspek kesehatan dan pemotongan hewan harus sesuai Syari’at Islam.

"Ada banyak indikator yang nanti dilakukan pendataan namun secara garis besar adalah pemotongan hewan harus sesuai dengan Syari’at Islam dan sarana maupun tempat pemotongan haruslah bersih dan memenuhi aspek kesehatan," jelasnya. (rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)