Dukung Pariwisata, Desa Kemuja Gelar Boat Racing Traditional


Dukung Pariwisata, Desa Kemuja Gelar Boat Racing Traditional

MENDOBARAT - Masyarakat Desa Kemuja menyelenggarakan lomba perahu tradisional atau Boat Racing Traditional tingkat Kabupaten Bangka. Lomba ini dipusatkan di embung lokasi perswahan Desa Kemuja (Bumang).

Kegiatan yang dibuka Bupati Bangka yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Drs. H. Asep Setiawan akan berlangsung dari tanggal 9 sampai dengan 11 Februari 2018.

Dikatakan Asep dalam pembukaan lomba dayung tradisional tersebut, pihaknya sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan yang mampu menarik dan menunjang kepariwisataan di Kabupaten Bangka sehingga banyak wisatawan yang akan berkunjung nantinya.

"Ini juga sangat antusias sekali masyarakat yang hadir, ada sekitar 2000-an orang yang datang menyaksikan kegiatan yang kali perdana dilaksanakan di Desa Kemuja Kabupaten Bangka. "Semoga ini bisa memancing dan bisa jadi cikal bakal majunya pariwisata kita," katanya.

Selain itu juga mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka ini mengungkapkan, kedepan juga dengan manajemen dan kemasan yang lebih baik lagi, diharapkan Boat Racing Traditional ini bisa menarik wisatawan luar juga selain di Pulau Bangka.

"Nanti kita buat kemasan yang lebih menarik lagi, kerjasama dengan semua elemen masyarakat dan unsur lainnya, sehingga embung ini multifungsi, pengairan dan pertanian ada, olahraga ada dan pariwisata juga berjalan.

"Tahun- tahun mendatang akan kita buat lebih meriah lagi, dan lebih baik lagi kemasan dalam mendukung pariwisata di Kabupaten Bangka dan juga mewujudkan Bangka Yang lebih Bermartabat,

"harap Asep. Sementara itu, Hamsyi selaku ketua panitia menyebutkan, kegiatan Boat Racing Traditional ini diharapkan semakin dikenal dan berkembang lebih baik. Untuk perdana ini lanjut Hamsyi, pesertanya sangat banyak dan membludak.

Ada 150 tim dari kategori dewasa putra, untuk kategori ganda ada 300 peserta, untuk tim dewasa putri ada 64 tim dan untuk tim anak-anak campuran ada 64 tim.

"Semoga antusias peserta dan penonton bisa membangkitkan dan mengembangkan pariwisata dan olahraga dayung di Kabupaten Bangka," katanya.

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat ketika dikomfirmasi menyebutkan, dirinya sangat mendukung dengan adanya lomba Boat Racing Traditional yang berlokasi di tengah areal persawahan.

"Sangat kreatif sehingga bisa dijadikan ajang kebersamaan dan juga silahturahmi, apalagi potensinya ada, bisa untuk pertanian, olahraga air, jadi embungnya sangat bermanfaat sekali," katanya.

Kedepan juga orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut mengharapkan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan ekonomi kreatif terus dikembangkan dan digali potensinya sehingga mampu memajukan desa.

"Sekarang ini kita jangan hanya jadi penonton, namun harus bisa menjadi subyek dalam pembangunan terutama untuk membangun desa, seperti lomba perahu,  sangat antusias dan menyedot perhatian banyak masyarakat," kata bupati.(rul)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pengurus KONI Bangka di Imbau Jaga Kekompakan
Pengurus KONI Bangka di Imbau Jaga Kekompakan
Rabu, 20 November 2019 11:53 WIB
SUNGAILIAT - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka baru saja melaksanakan pelantikan kepengurusan tahun 2019-2023, senin (18/11/19) di gedung
Pemkab Bangka Terima DIPA 2020
Pemkab Bangka Terima DIPA 2020
Rabu, 20 November 2019 11:44 WIB
PANGKALPINANG- Wakil Bupati Bangka, Syahbudin SIp menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,
Peringati Maulid Nabi, SMAN 1 Puding Besar Dan BKPRMI Bangka Gelar Acara Tabliq Bersama Ustad Cholidi 
Peringati Maulid Nabi, SMAN 1 Puding Besar Dan BKPRMI Bangka Gelar Acara Tabliq Bersama Ustad Cholidi 
Kamis, 14 November 2019 21:10 WIB
PUDINGBESAR - SMAN 1 Puding Besar bersama dengan BKPRMI Bangka beserta Kasih Palestina menyelenggarakan acara tabliq atau ceramah agama Islam dengan
IKM Basel Belajar ke Bangka
IKM Basel Belajar ke Bangka
Rabu, 13 November 2019 18:48 WIB
SUNGAILIAT - Sebanyak 20 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Bangka Selatan melakukan kunjungan ke pelaku IKM