Tarmizi Jelaskan Teknis Bangka Utara, Siapkan Data untuk Bangka Utara


Tarmizi Jelaskan Teknis Bangka Utara, Siapkan Data untuk Bangka Utara

SUNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat menolak tegas jika rencana pembentukan Bangka Utara sebagai kabupaten baru, dikaitkan dengan Pilkada 2018.

Menurut Tarmizi, dirinya sudah menjelaskan kepada Forum Koordinasi Bangka Utara, apa yang dilakukan dirinya hanya untuk membantu. "Saya bantu siapkan data dan lain-lain," kata Tarmizi, kemarin (1/2).

Menurut Tarmizi, dirinya sudah menjelaskan kepada forum koordinasi secara teknis dalam pembentukan Bangka Utara. Selain itu juga dijelaskan secara birokratis dan politis. "Teknis begini loh. Birokratis gini, politis begini dan kompromi begini. Semua kita jelaskan. Jadi itu bukan inisiatif saya, saya hanya membantu," kata dia.

Mantan Sekda Bangka ini mengaku, untuk pembentukan Bangka Utara dapat belajar dari pemekaran kabupaten-kabupaten lainnya yang ada di Indonesia. Termasuk pembelajaran dari terbentuknya Provinsi Babel. Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyatakan setuju dengan Tim Formatur Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bangka Utara.

Bahkan kata Erzaldi, dirinya sudah sejak periode pertama 2012-2017 menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah sangat setuju adanya pemekaran Kabupaten Bangka Utara.

"Saya sangat mendukung perjuangan kawan-kawan Tim Forkoda memperjuangkan pembentukan Kabupaten Bangka Utara ini. Bahkan  saya dan ayahanda  pernah jadi narasumber seminar kajian Naskah Akademik Pembentukan Kabupaten Bangka Utara di Gedung Krida Stannia Belinyu,” ungkap Erzaldi.

Dikatakan Erzaldi, saat ini memang sedang ada moratorium pemekaran di pusat, namun Ia mendorong dan mengharapkan Tim Forkoda tetap melakukan proses. Intinya jangan berhenti berjuang, teruslah berproses.

Harapannya, kata Erzaldi, ketika nantinya moratorium pemekaran dicabut,  maka pemerintah daerah sudah siap mengajukan permohohan pemekaran kabupaten baru yakni Kabupaten Bangka Utara.

"Jangan karena ada moratorium kita justru berhenti. Nanti ketika moratorium dicabut, kita baru mau berjuang lagi. Teruslah berproses, nanti ketika waktunya tiba, kita tidak mulai dari awal lagi. Tujuan pemekaran untuk lebih mensejahterakan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat," tegas Erzaldi.

Gubernur meminta Tim Forkoda segera mengurusi semua berkas usulan dan segala persyaratan pembentukan Kabupaten Bangka Utara. Pasalnya, jika semua proses dan berkas selesai dikumpulkan, maka  ketika krannya dibuka Pemerintah Provinsi Babel tinggal mengusulkan saja ke pemerintah pusat.

“Jika perlu buat rencana kerja dan tahapan kerja. Kumpulkan juga  persyaratan yang sudah dilakukan dan apa saja yang masih perlu dilengkapi. Tetapi jangan lupa minta dukungan DPRD dan eksekutif dalam bentuk tertulis, semuanya harus ada tandatangannya,” tegas Erzaldi.

Selain itu, Erzaldi juga mengingatkan Tim Forkoda, perlu meminta juga ada dukungan tertulis para ketua partai politik. "Semuanya jangan ada yang terlewatkan. Jangan hanya melalui satu partai saja, tetapi semua partai. Setelah itu, harusnya nanti aspirasi CDOB Bangka Utara ini diparipurnakan lewat DPRD, agar bisa lebih kuat dilaksanakan. Selain itu perlu dukungan tertulis bupati mewakili Pemkab Bangka," pinta Erzaldi.

Selanjutnya aspirasi ini, kata Erzaldi, segera disampaikan kepada Gubernur Babel dan DPRD Babel untuk disampaikan ke pemerintah pusat dan DPR RI.(rul)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
Selasa, 17 Desember 2019 19:16 WIB
JAKARTA - Setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat, akhirnya Pemkab Bangka ditetapkan sebagai pemenang