Penerima Bansosrastra Harus Dibuatkan Aplikasi


Penerima Bansosrastra Harus Dibuatkan Aplikasi

SUNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan data warga Kabupaten Bangka penerima Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansosrastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dapat dibuatkan aplikasi.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Bangka Tarmizi Saat ketika melaunching Bansosrastra, Rabu (31/1) di halaman kantor Bupati Bangka.

Bupati minta kepada kepala Dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka untuk membuat aplikasi sehingga warga penerima Bansos Rastra dan BPNT dapat terpantau dengan baik.

Melalui aplikasi dapat dilihat nama, alamat dan foto penerima bansos sehingga dapat diketahui dan dipantau perkembangan kondisi penerima. Dikatakannya, penyaluran bansos rastra dam BPNT merupakan tugas tabahan Camat, Lurah dan Kepala Desa, yang dapat menjadi amaliah meskipun tidak ada di tupoksi untuk itu agar dapat dilaksanakan sehingga tepat sasaran.

Kesempatan itu bupati melakukan tanyajawab dengan para penerima Bansos Rastra, terungkap diantara mereka belum memiliki jamban. Untuk itu Bupati langsung memerintah untuk dilakukan pendataan sehingga agar dapat dibantu melalui program Pemkab Bangka yang berkerjasama dengan TNI.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka Drs. Arman menjelaskan, di kabupaten Bangka sudah mempunyai 11 E-Warong yang tersebar di 8 kecamatan.

Sedangkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Rastra dan BPNT tahun 2018 berjumlah 10.100 KK jumlah penerima manfaat tesebar di 8 kecamatan, dengan rincian, Kecamatan Sungailiat sebanyak 1.559 KK, Riau Silip 1.088 KK, Puding Besar 1.183 KK, Pemali 533 KK, Merawang 864 KK, Mendo Barat 2.336 KK, Belinyu 1.548 KK dan Bakam 989 KK.

Penerima manfaat bansos Rastra dan BPNT adalah keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan, selanjutnya disebut keluarga penerima manfaat KPM Bansos Rastra dan BPNT yang nama dan alamatnya termasuk didalam daftar KPM dan ditetapkan oleh Menteri Sosial.(rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
Selasa, 17 Desember 2019 19:16 WIB
JAKARTA - Setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat, akhirnya Pemkab Bangka ditetapkan sebagai pemenang