Mari Terus Bersemangat Mengolah Pertanian


Mari Terus Bersemangat Mengolah Pertanian

RIAUSILIP - Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi Saat, MM bersama dengan Dandim Bangka, Letkol Arm Riski Budianto, Kapolres Bangka, AKBP Johannes Bangun, pihak BPTP, para penyuluh pertanian, Kades, Gapoktan, dan masyarakat melakukan panen padi raya di areal persawahan Desa Banyu Asin, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka, Provinsi Babel, Kamis sore (18/1).

Bupati Bangka dalam sambutannya mengatakan, dirinya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Bangka berharap di setiap desa minimal 70 persen warganya tidak lagi membeli beras karena mempunyai lahan pertanian persawahan sendiri. 

"Selain itu juga di setiap desa harus mempunyai embung untuk sumber air. Untuk irigasi di Desa Banyu Asin dan Pangkalniur tahun ini ada pembuatan irigasi. Niat saya semenjak jadi bupati hingga sekarang memprioritaskan pertanian," ungkap Bupati Bangka.

Tahun ini juga ada program untuk penanaman 100 hektar jagung dan juga seluruh kepala sekolah akan diberikan instruksi agar setiap anak didik menanam sayur.

Kepada masyarakat juga diharuskan memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur-sayuran, cabe dan lainnya dimana kedepannya dalam menghadapai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kebutuhan sayur mayur, ikan, dan buah-buahan akan meningkat.

"Saya juga berharap masyarakat terus menggiatkan pertanian, seperti mengurus karet, persawahan, dan lainnya. Kalau kita ingin mengubah nasib, kita sendiri yang harus mengubahnya. Terima kasih kepada kelompok tani, mari kita memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Setiap desa harus mempunyai BUMDES, Embung, Fasilitas umum, dan juga one village one product (Satu Desa Satu Produk)," jelas Bupati Bangka.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman mengatakan, pada bulan Oktober sampai dengan Maret adalah masa tanam dan di Banyu Asin ini adalah sisa panen sekitar 30 hektar dengan total keseluruhan persawahan seluas 105 hektar.

Dirinya juga menegaskan bahwa di setiap desa di Kabupaten Bangka harus menargetkan kedaulatan pangan dan panen raya di Banyu Asin ini adalah mewakili daerah di Kabupaten Bangka yang mana diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi para petani bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam mengolah pertanian di Kabupaten Bangka.(rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)