LHKPN Berdikari dan Mulya Tak Memenuhi Syarat


LHKPN Berdikari dan Mulya Tak Memenuhi Syarat

SUNGAILIAT - Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Kemas Daniel-Fadillah Sabri (Berdikari) dan Mulkan-Syahbudin (Mulya) dinyatakan Tak Memenuhi Syarat (TMS) karena tidak ada surat tanda terima oleh KPK. 

Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka memberikan waktu kepada masing-masing pasangan calon untuk bisa melakukan perbaikan.

"Perbaikan dari tanggal 18 sampai 20 Januari. Kita berikan waktu selama tiga hari," kata Ketua KPU Bangka Zulkarnain, kemarin (17/1). Menurut Zulkarnain, selain perbaikan LHKPN, pasangan Berdikari juga harus memperbaiki dokumen lainnya yang tidak memenuhi persyaratan.

Misalkan atas nama Kemas Daniel yakni dokumen surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan atau badan hukum yang merugikan negara, berikut daftar nama tim kampanye tingkat kabupaten yang tidak sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017.

Tak hanya pasangan Berdikari, pasangan Mulkan-Syahbudin (Mulya) dan Tarmizi-Amri (Trampil) juga harus melengkapi berkas yang ada. Misalkan, pasangan Mulya untuk naskah visi misi dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak ditandatangani, dan nama daftar tim kampanye tidak memenuhi syarat dinilai tidak sesuai peraturan KPU.

Sementara, untuk bakal paslon Tarmizi Saat-Amri Cahyadi harus memperbaiki satu dokumen yang tidak memenuhi syarat yakni daftar nama tim kampanye tingkat provinsi karena tidak sesuai peraturan KPU.

"Pada dasarnya ketiga bakal pasangan calon bisa melanjutkan pada proses perbaikan. Apabila salah satu tidak dipenuhi maka tidak bisa melanjutkan untuk menyangkut masalah kesehatan, tetapi dari pemeriksaan kesehatan memenuhi syarat semua," ungkap Zulkarnain saat penyampaian hasil pemeriksaan administrasi para bakal paslon, Rabu (17/1) di Sekretariat KPUD Kabupaten Bangka.

Dia menjelaskan untuk perbaikan administrasi tersebut bisa diperbaiki selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 Januari 2018. Dikonfirmasi terpisah, Bakal Calon Bupati Bangka Daniel mengaku bukan tidak memenuhi syarat melainkan terdapat data-data yang harus diperbaiki. "Koreksinya bukan tidak memenuhi syarat tapi ada data yang harus diperbaiki. Itu tidak masalah. Besok sudah diserahkan ke KPK," jawab Daniel. 

Senada, Bakal Calon Bupati Mulkan menjelaskan, semua sudah diserahkan ke tim untuk memperbaiki. Disisi lain, Panwaslu Kabupaten Bangka meminta agar ketiga paslon segera melengkapi administrasi yang tidak memenuhi syarat (TMS).

"Penyelesaian admistrasi TMS segera dipenuhi jangan sampai tidak bisa dipenuhi nanti jadi masalah," tegas Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Corri Ihsan. Dikatakannya, apabila ada hal yang kurang pas dalam proses pendaftaran hingga penetapan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka, panwaslu siap menerima laporan.

"Koordinasi tetap berjalan sampai ditetapkan calon bupati dan wakil bupati. Kami minta kerjasama Lo aktif datang ke KPU di pilbup ini agar bisa berjalan dengan baik," saran Corri. Diakuinya dalam pengawasan proses pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan ketiga bakal paslon di RSPAD Gatot Subroto di Jakarta juga, panwaslu ikut serta bersama pihak KPUD Kabupaten Bangka.(rul) 





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Top 30, Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2019
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Top 30, Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2019
Selasa, 10 Desember 2019 15:47 WIB
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka meraih penghargaan Top 30, dalam bidang Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (P4N), LAPOR tahun
Pemkab Bangka Raih  Penghargaan Penyaluran DAK Fisik Terbaik 2019
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Penyaluran DAK Fisik Terbaik 2019
Senin, 09 Desember 2019 12:09 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dinobatkan sebagai pemerintah daerah terbaik, dalam pelaporan dan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik
Bupati Mulkan : Penghargaan Diperoleh Pemkab Bangka Atas Dukungan Seluruh ASN
Bupati Mulkan : Penghargaan Diperoleh Pemkab Bangka Atas Dukungan Seluruh ASN
Senin, 09 Desember 2019 10:56 WIB
SUNGAILIAT - Bupati Bangka Mulkan menyadari jika sejumlah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dari pemerintah pusat maupun pemerintah
Pasukan Kuning di Ganjar Bonus, Bupati Bangka Berharap Piala Adipura Dipertahankan
Pasukan Kuning di Ganjar Bonus, Bupati Bangka Berharap Piala Adipura Dipertahankan
Senin, 09 Desember 2019 10:24 WIB
SUNGAILIAT – Sebanyak 189 petugas kebersihan (pasukan kuning..red) di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menerima bonus dari