Gubernur Kunjungi Pasien Rehabilitasi, Jauhi Narkoba dan Mulai Hidup Sehat


Gubernur Kunjungi Pasien Rehabilitasi, Jauhi Narkoba dan Mulai Hidup Sehat

SUNGAILIAT -Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman bersama rombongan pemprov mengunjungi pasien rehabilitasi narkoba di RSJ Sungailiat, Rabu (3/1/2018). Dalam kunjungannya, gubernur sempat berdialog dengan 11 orang pasien yang sebagian besar masih remaja bahkan ada satu orang masih anak-anak. Sembari duduk lesehan bersama para pasien rehabilitasi narkoba ini, gubernur menasihati mereka untuk tidak lagi mendekati narkoba. 

"Jauhilah narkoba. Coba kalian pikirkan, apa ada kebaikan yang kalian dapat dengan mengkonsumsi narkoba ini," tanya gubernur.

Hampir semua pasien rehabilitasi ini menjawab tidak. Kebanyakan pasien ini terjerat narkoba karena pergaulan. Selain ganja dan konsumsi shabu-shabu, beberapa anak juga kecanduan ngisap lem (aibon). Selain menasihati untuk tidak mengkonsumsi narkoba, gubernur juga menawarkan kepada para pasien rehabilitasi ini untuk mengikuti pelatihan kerja jika sudah keluar dan dinyatakan sehat dari kecanduan narkoba.

"Mulai sekarang, jauhi narkoba, dan mulai hidup yang sehat jiwa mau raganya. Masa depan masih menunggu kalian," nasihat Erzaldi. 

Kedatangan Gubernur ini bersama rombongan dari Pemprov Babel, antara lain Sekda Babel Yan Megawandi, Asisten III Tajudin, Staf Ahli Ekonomi Pembangunan Marwan, Kepala Dinas Kesehatan Mulyono Susanto, Kepala BKPSDM Sahirman, Kepala Dispora Babel Suharto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel Rivai, Kepala Biro Umum Setda Pemprov Babel Ellyana, dan sejumlah Pejabat Eselon III di lingkungan Pemprov Babel lainnya.

Rombongan Gubernur disambut Kepala RSJ Provinsi dr Heru Effendi beserta staf dan karyawan.
Selama berada hampir 2 jam berada di RSJ, selain melihat dan menanyakan fasilitas penunjang, Gubernur juga sempat menanyakan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi pegawai di RSJ.

Mendengar penjelasan dari dr Heru Effendi dan para pegawai, membuat Gubernur bertindak cepat. Beberapa fasilitas penunjang yang dirasakan perlu perbaikan dan peningkatan, langsung dimintakan Gubernur untuk segera diperbaiki atau diganti. Bahkan beberapa bagian bangunan yang dinilai Gubernur tidak layak, untuk segera diganti atau diperbaiki.

"Bagian ini dibuat taman saja, agar lebih terlihat asri dan enak dipandang. Rumput dan tanaman yang ada juga harus dirawat. Tidak perlu nunggu APBD, dengan gotong royong pegawai RSJ juga bisa untuk hal-hal yang kecil, seperti memotong rumput dan menata tanaman yang ada di sekitar RSJ ini," ujar Erzaldi.

Gubernur tidak melewatkan sedikitpun ruangan-ruangan yang ada di dalam gedung RSJ. Gubernur di damping dr Heru juga berkunjung dari ruangan inap para pasien wanita maupun laki-laki. Beberapa pasien sempat ditemui Gubernur dan mencoba berdialog dengan mereka.

Kepada Kepala BKPSDM  Babel Sahirman, Gubernur Erzaldi meminta BKPSDM menarik Autis di Provinsi  untuk kerjasama dengan RSJ. Gubernur juga meminta ruangan poliklinik anak di RSJ  dijebol saja menjadi satu ruang untuk autis.

Dalam kunjungan itu, Gubernur juga ingin pihak RSJ mengganti kaca di ruangan-rungan pasien diganti dengan bahan yang tahan pukul. Termasuk kaca kamar perawat di jebol juga.

Sedangkan untuk peningkatan SDM, Gubernur meminta Kepala BKPSDM untuk melakukan upgrate perawat dan harus ikut spesialisasi kejiwaan.

"Provinsi  akan membiayai untuk 10 orang, tetapi secara bertahap misalnya  4, 3, 3 termasuk untuk sub etik anak remaja dan  sub etik narkoba. Petugas perawat harus berkomunikasi dengan pasien, agar pasien merasa diperhatikan. Sehingga bisa saja menjadi terapi tersendiri untuk percepatan kesembuhan pasien," jelas Erzaldi. Bahkan untuk mempertebal keimanan para pasien ini, Erzaldi akan mengirimkan guru ngaji bidang hafalan untuk pasien RSJ. (wah)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Top 30, Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2019
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Top 30, Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2019
Selasa, 10 Desember 2019 15:47 WIB
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka meraih penghargaan Top 30, dalam bidang Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (P4N), LAPOR tahun
Pemkab Bangka Raih  Penghargaan Penyaluran DAK Fisik Terbaik 2019
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Penyaluran DAK Fisik Terbaik 2019
Senin, 09 Desember 2019 12:09 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dinobatkan sebagai pemerintah daerah terbaik, dalam pelaporan dan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik
Bupati Mulkan : Penghargaan Diperoleh Pemkab Bangka Atas Dukungan Seluruh ASN
Bupati Mulkan : Penghargaan Diperoleh Pemkab Bangka Atas Dukungan Seluruh ASN
Senin, 09 Desember 2019 10:56 WIB
SUNGAILIAT - Bupati Bangka Mulkan menyadari jika sejumlah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dari pemerintah pusat maupun pemerintah
Pasukan Kuning di Ganjar Bonus, Bupati Bangka Berharap Piala Adipura Dipertahankan
Pasukan Kuning di Ganjar Bonus, Bupati Bangka Berharap Piala Adipura Dipertahankan
Senin, 09 Desember 2019 10:24 WIB
SUNGAILIAT – Sebanyak 189 petugas kebersihan (pasukan kuning..red) di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menerima bonus dari