Kontraktor Dijebloskan ke Penjara Terkait Kasus Rehabilitasi DAS


Kontraktor Dijebloskan ke Penjara Terkait Kasus Rehabilitasi DAS

SUNGAILIAT - Setelah melakukan pemeriksaan terhadap 30 saksi dalam kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Airanyir Kecamatan Merawang, Bangka.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka akhirnya menahan AS (46) selaku kontraktor sekaligus Direktur CV Johar Putra, Senin (18/12), sore.

Sebelum dilakukan penahanan AS sendiri sempat menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik sejak pagi, dan hingga menjelang petang yang bersangkutan langsung ditahan dan di jebloskan ke Rumah Tahanan Tuatunu, Pangkalpinang.

Kejari Bangka, Supardi melalui Kasi Pidsus, M Fandie Hasibuan menegaskan jika penahanan terhadap tersangka AS, telah dilakukan gelar perkara yang dipimpin langsung Kajari Bangka, Supardi bersama seluruh penyidik maupun jaksa.

"Kemudian tim penyidik Kejari Bangka menetapkan tersangka, yaitu AS sebagai kontraktor proyek rehabilitasi DAS itu yang telah menyalahgunakan wewenangnya menguntungkan diri sendiri maupun orang lain secara bersama sama yang mengakibatkan kerugian negara," ujar Fandie.

Menurut Fandie, AS sendiri sebelumnya juga telah diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk dimintai keterangan awal terkait dugaan tipikor rehabilitasi DAS Airanyir.

"As ini Direktur CV Johar Putra, status Warga Sumedang Jabar. Setelah melihat nota pendapat dari penyidik, kami mengajukan surat persetujuan penahanan kepada Kajari untuk dilakukan penahanan. Dan hari ini kita lakukan penahanan di LP Tuatunu Pangkalpinang untuk mempermudah proses penyidikannya," ungkap Fandie.

Tersangka AS dijerat Pasal 2 Jo Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi. "Tersangka terancam  dua puluh tahun penjara," tegasnya.

Sementara itu saat ditanya apakah jaksa juga akan menetapkan tersangka lain di perkara yang sama Hasibuan tak memberikan kepastian.

"Belum bisa kita simpulkan, nanti itu. Yang jelas baru satu tersangka dan ditahan," kata Hasibuan seraya menyatakan, sedikitnya sudah 30 orang saksi yang telah diperiksa pada perkara ini. (wah/don)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Perkara Dugaan Kekerasan Terhadap Jurnalis Terus Berlanjut, Kepolisian Tengah Konsultasi Kepada Dewan Pers
Perkara Dugaan Kekerasan Terhadap Jurnalis Terus Berlanjut, Kepolisian Tengah Konsultasi Kepada Dewan Pers
Selasa, 12 November 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Terkait dugaan tindak kekerasan dan intimidasi terhadap jurnalis yang dilakukan oleh Sunarwan alias Ceduk di Dusun Mengkubung, Desa
Sekda Bangka Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional
Sekda Bangka Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional
Selasa, 12 November 2019 12:44 WIB
SUNGAILIAT - Peringatan hari kesehatan nasional yang ke-55 Tahun digelar di Halaman Kantor Bupati Bangka, Selasa (12/11/2019). Peringatan dilaksankaan
Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan, Giliran Platinum Indonesia Healthcare Forum 2019
Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan, Giliran Platinum Indonesia Healthcare Forum 2019
Senin, 11 November 2019 21:42 WIB
SUNGAILIAT - November adalah bulan penuh prestasi bagi PEMKAB Bangka. Setelah menerima penghargaan sebagai Pemda dengan pelayanan publik terbaik di
Mulkan Imbau Para Pemuda Hindari Narkoba
Mulkan Imbau Para Pemuda Hindari Narkoba
Senin, 11 November 2019 21:34 WIB
SUNGAILIAT - Permasalahan Narkoba telah menjadi permasalahan pokok bagi para pemuda. Narkoba yang telah menyasar kepada kaum pemuda membutuhkan penanganan