Potensi Pulau Nangka Perlu Dikembangkan


Potensi Pulau Nangka Perlu Dikembangkan

SUNGAISELAN - Banyaknya potensi yang dimiliki Pulau Nangka, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) harusnya menjadi perhatian bagi pemda. Namun sayangnya, hal tersebut belum sepenuhnya dilakukan. Padahal menurut Kepala Dusun Pulau Nangka, Ali, potensi dusunnya tak kalah dengan tempat lainnya. 

Hal ini dibuktikan dari banyaknya orang yang datang ke Pulau Nangka, saat akhir pekan tiba. "Biasanya akhir pekan, Sabtu Minggu ramai pengunjung kesini. Lebih dari 100 orang kadang datang. Banyaklah yang mereka bisa nikmati disini, pantainya juga indah, penginapan ada dan tidak perlu khawatir lagi listrik sudah ada walau hanya menyala pada malam hari," ungkapnya, Senin (9/10).

Ali menambahkan, saat ini Pulau Nangka memiliki dua buah homestay atau tempat penginapan yang telah disediakan oleh pemerintah daerah dengan budget senilai Rp.175.000/malam. Terkait dengan listrik, jika kondisi aliran listrik yang difungsikan oleh masyarakat pasca dialiri oleh PLN beberapa tahun kemarin hanya bisa dimanfaatkan selama 12 jam, dari jam 6 sore ke jam 6 pagi. Sistem pembayaran listrik yang diterapkan ialah sistem prabayar.

"Saya berharap kepada pemerintah daerah melalui instansi terkait khususunya bidang pariwisata dapat berkoordinasi untuk memprioritaskan pembangunan kawasan wisata sehingga lebih dikenal lagi oleh pengunjung," jelasnya. "Lebih dimajukanlah, dinas pariwsara dan kebudayaan bergegas mendirikan bangunan yang bernuansa hidupkan pariwisata. Mahasiswa di Babel juga telah berulang kali beramai-ramai berkunjung kesini, atau bahkan camping. Sayang kalau potensi itu hanya dikemas begitu saja, walaupun hasil pengunjung masih dikelola oleh masyarakat," tambahnya.

Sementara, Kades Desa Tanjungpura Yulianto mengatakan jika desanya terbagi menjadi dua wilayah yaitu Dusun Tanjungteduh dan Dusun Pulau Nangka. Dimana untuk Dusun Pulau Nangka memiliki dua rukun tetangga (RT), RT 5 dan 6. "Kalau masyarakat Desa Tanjungpura 75 persen berprofesi sebagai nelayan. Namun kalau Pulau Nangka, 100 persen nelayan dan untuk Dusun Tanjungtedung ada yang berprofesi sebagai petani," ujarnya. 

Luas dusun yang hanya diprakirakan 16 kilometer persegi ini dikelilingi oleh lautan yang membiru karena letaknya memang ditepi selat Pulau Bangka. Didusun yang pada tahun 2017 ini terdata ada 100 kartu keluarga (KK) hanya dihuni oleh penduduk asli lokal.(dev)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pengurus KONI Bangka di Imbau Jaga Kekompakan
Pengurus KONI Bangka di Imbau Jaga Kekompakan
Rabu, 20 November 2019 11:53 WIB
SUNGAILIAT - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka baru saja melaksanakan pelantikan kepengurusan tahun 2019-2023, senin (18/11/19) di gedung
Pemkab Bangka Terima DIPA 2020
Pemkab Bangka Terima DIPA 2020
Rabu, 20 November 2019 11:44 WIB
PANGKALPINANG- Wakil Bupati Bangka, Syahbudin SIp menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,
Peringati Maulid Nabi, SMAN 1 Puding Besar Dan BKPRMI Bangka Gelar Acara Tabliq Bersama Ustad Cholidi 
Peringati Maulid Nabi, SMAN 1 Puding Besar Dan BKPRMI Bangka Gelar Acara Tabliq Bersama Ustad Cholidi 
Kamis, 14 November 2019 21:10 WIB
PUDINGBESAR - SMAN 1 Puding Besar bersama dengan BKPRMI Bangka beserta Kasih Palestina menyelenggarakan acara tabliq atau ceramah agama Islam dengan
IKM Basel Belajar ke Bangka
IKM Basel Belajar ke Bangka
Rabu, 13 November 2019 18:48 WIB
SUNGAILIAT - Sebanyak 20 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Bangka Selatan melakukan kunjungan ke pelaku IKM