Desa Harus Punya Produk Unggulan


Desa Harus Punya Produk Unggulan

SUNGAILAT - Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengharapkan setiap desa mempunyai produk unggulan atau komidtas yang menjadi ciri khas desa sehingga bisa menjadi ikon desa.

"Kita harus punya produk unggulannya, seperti slogan One Village One Product, satu desa satu produk, seperti Desa Air Duren ada sirup nanas, Pangkal Niur ada sirup jeruk kunci, dan daerah lainnya, nah kalau di desa Neknang ini apa? Itu yang harus dipikirkan dan dikembangkan sehingga menjadi andalan dan ikon desa," ungkapnya dalam sambutan sosialisasi pilkades Neknang.

Diakui bupati, dengan adanya one village one product, diharapkan hal tersebut dapat membantu masyarakat terutama bidang ekonomi dan usaha kecil. "Bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan membuat masyarakat menjadi lebih aktif dan kreatif," katanya. Selain itu juga, dengan pengembangan one village one product, bisa menarik banyak orang berkunjung ke desa untuk membeli produk unggulan.

"Mulai dipikirkan dari sekarang, karena orang semakin banyak datang ke Kabupaten Bangka ini, kita harus siapkan produk lokalnya dengan mutu yang baik dan menjadi sesuatu yang dikenang orang nantinya," harap bupati.

Kabupaten Bangka mempunyai banyak produk lokal yang bisa dibuat untuk menghasilkan komoditas yang bisa dijual keluar daerah. "Kita banyak sumber daya alamnya, mulai dari buah-buahan, sayuran, perikanan, kelautan, dan hasil lainnya, bisa menjadi ikon desa untuk menjadikan one village one product bisa terwujud," kata bupati.(rul)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)