Sungailiat Cat Festival 2017 Peringati Hari Rabies Internasional


Sungailiat Cat Festival 2017 Peringati Hari Rabies Internasional

SUNGAILIAT - Hari Rabies Internasiona yang jatuh pada tanggal 28 September, diisi dengan kegiatan kontes kucing di kabupaten Bangka dalam Sungailiat Cat Festival 2017. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Bangka, H Tarmizi Saat diwaliki Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka Akhmad Mukhsin, Rabu (28/9) di Hotel ST 12 Sungailiat.

Dalam peringaran ini, berbagai jenis kuncing, termasuk jenis kucing lokal mengikuti kontes ini. Peserta tidak hanya dari Pulau Bangka juga dari luar Bangka Belitung diantaranya Medan dan Palembang.

Kontes Kucing merupakan yang pertama kali diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bangka yang didukung sejumlah sponsor.

Akhmad Mukhsin mengatakan,  Kabupaten Bangka tahun 2013 telah dinyatakan sebagai daerah bebas rabies, namun jangan berbesar hati untuk selalu terus waspasa karena banyak berbagai hewan yang datang dan berkembang biak di kabupaten Bangka.

“Pada momentum peringatan Hari Rabies Internasional ini, agar masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan hewan sehingga tidak terjangkiti penyakit Rabies,” kara Mukhsin.

Pemkab Bangka memberi apresiasi kepada para pencinta hewan di kabupaten Bangka, khususnya para pencinta Kucing yang mengikuti Sungailiat Cat Festival 2017 yang dapat merawat hewannya agar terhindar dari Rabies.

"Penyakit Rabies ini sangat berbahaya, juga bisa menyebabkan kematian bila tertular kepada manusia," kata Akhmad Mukhsin.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman menjelaskan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih dinyatakan sebagai daerah bebas Rabies, namun tetap melakukan faksinasi anti Rabies terhadap kucing, anjing dan hewan lainnya yang bisa menyebarkan penyakit Rabies.

“ Saya di Facebook masuk dalam Komunitas Pencinta Kucing, ternyata banyak para pecinta Kuncing sehingga kita buat kontes ini untuk melihat secara nyata Kucing Peliharaan masing-masing,” jelas Kemas.

Kontes Kuncing di Kabupaten Bangkan diakuinya, sudah digelar sejumlah komunitas maupun pihak swasta, namun yang diselenggarakan Pemkab Bangka baru untuk pertama kalinya.

Diharapkannya, para pencinta Kucing melalui kontes ini dapat meningkatkan kecintaan kepada hewan peliharan, serta akan ditingkatkan lagi pelaksanaan Sungailiat Cat Festival termasuk jumlah peserta pada tahun 2018.

Dinas Pertanian Kabupaten Bangka memberikan faksinasi gratis Rabies terhadap hewan peliharaan dalam rangka memperingati hari Rabies Internasional, bagi masyarakat dapat membawa hewan peliharannya ke Dinas Pertanian. Faksinasi Rabies Gratis bagi hewan peliharan dilakukan Dinas Pertanian kabupaten Bangka setiap tahun. (rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)