Uji Coba Tanam Bawang Merah


Uji Coba Tanam Bawang Merah

SUNGAILIAT - Bupati Bangka H. Tarmizi Saat selain menggiatkan tanaman padi, kelapa sawit, dan lainnya, rencananya akan uji coba tanama bawang merah yang ada dibudidayakan di Kabupaten Bangka.

"Saya akan uji coba dulu tanaman bawang merah di Bangka ini secara benar, kelihatannya cocok juga di Bangka ini," ungkap bupati dalam sambutannya ketika melakukan penanaman padi di areal persawahan Gusung Desa Kemuja Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka, Senin (25/9).

Dikatakan bupati yang lulusan pertanian ini, dirinya rencananya akan membuka jaringan atau link dengan pihak luar seperti dengan Kementerian Pekerjaan Umum Pusat.

"Kita akan mendatangkan tiga petani bawang merah dari Brebes, kita coba selama tiga bulan untuk belajar bertanam atau budidaya bawang merah ini," katanya.

Diakuinya budidaya bawang merah ini mempunyai spesifik yang agak berbeda dengan membudidayakan tanaman lainnya.

"Bawang merah ini tumbuh di daerah berpasir dan kalau musim hujan disiram karena daunnya harus bersih, kalau tidak nanti banyak ulatnya, dan busuk," katanya.

Rencananya uji coba budidaya bawang merah ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini. "Kita coba dulu di kebun saya, nanti, kalau berhasil, kita sosialisasikan ke masyarakat," tukasnya.(rul)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)