Bupati Berharap Berdayakan Potensi Desa


Bupati Berharap Berdayakan Potensi Desa

SUNGAILIAT - Mewujudkan pertanian yang tangguh terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka di masa kepemimpinan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dan Rustamsyah. Orang nomor satu di Kabupaten Bangka, Rabu (13/9) di areal persawahan Dusun Pangkal Niur Lama Desa Banyu Asin Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, melakukan tanam padi perdana.

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat melakukan tanam padi perdana dengan cara manual dan juga menggunakan mesin. Seluas 35 hektar benih padi akan ditanam dengan jenis IPARI 30 yang masanya sampai panen 100 hari.

Bupati dalam sambutannya mengharapkan padi yang ditanam ini bisa dapat menghasilkan dengan jumlah yang banyak. "Kita harapkan penanaman ini bisa berhasil sampai panen dan bisa menghidupi dan meningkatkan ekonomi keluarga," kata bupati. Kedepan mantan sekda Bangka ini berharap desa di Kabupaten Bangka dapat memberdayakan potensi desa sehingga bisa meningkatkan perekonomoan desa.

"Harus dilihat potensinya, apa yang bisa menjadi unggulan desa, harus dikembangkan, dan bisa menjadi ikon desa dengan mengembangkan one village one product," harap bupati.

Kedepan bupati juga meminta kepada kepala desa untuk membuat peraturan desa yang terkait dengan lahan sawah ini. "Harus produktif, jika tidak dimanfaatkan secara ekonomis, beri ke orang lain saja," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Hikmah Tani, Susiawinata mengungkapkan di sela-sela tanam perdana mengungkapkan, Gapoktan yang dipimpinnya ini mendapatkan bantuan benih padi dari Dinas Pertanian yakni IPARI 30 dan Mikongga.

"Kita menanam dengan lkuas 35 hektar dan dua jenis bibit, IPARI 30 dan Mikongga yang mendapatkan bibit sebanyak 300 kilogram," kata Susiawinata.
Selain itu juga, penanaman benih padi ini sejauh ini sudah sangat baik dan dapat menghasilkan.

"Sejauh ini hasilnya cukup baik dan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Susiawinata.

Kedepan, Susiawinata juga berharap, sarana dan prasarana di areal persawahan tetap terus diperhatikan dan tingkatan.
"Ada bantuan dari Dinas Pertanian mulai dari bibit, traktor dan lainnya, dari desa juga ada bantuan adanya untuk pupuk dan lainnya juga," tukas Susiawinata.

Kegiatan tanam padi di Dusun Pangkal Niur Lama dihadiri juga Koramil Bangka, Nawawi, asisten, staf ahli bupati, kepala OPD, camat se-Kabupaten Bangka, kepala desa se-Kecamatan Riau Silip, para petani, tokoh agama dan masyarakat.(rul)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)