Perda Zonasi Kelautan Akomodasi Kepentingan Masyarakat


Perda Zonasi Kelautan Akomodasi Kepentingan Masyarakat
Ilustrasi

SUNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan peraturan daerah mengenai zonasi kelautan mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat sehingga tidak terjadi persoalan dikemudian hari. Menurut Tarmizi, sebelum ditetapkan dan disahkan menjadi suatu peraturan daerah, kajian mendalam termasuk merangkum aspirasi dari semua daerah harus tetap dilakukan.

"Upaya mengakomodasi terhadap kepentingan masyarakat menjadi hal penting agar zonasi secara yuridis formal terhadap penggunaan laut di perairan wilayah khususnya di Kabupaten Bangka tidak terjadi tumpang tindih dalam pemanfaatan laut antara pertambangan, pariwisata dan kepentingan masyarakat nelayan yang mengandalkan hidup hasil tangkapan laut," jelasnya, Selasa (11/9).

Dalam perarutan daerah tentang zonasi kelautan kata bupati, agar dapat memperjelas kembali batas penggunaan zonasi diantaranya untuk pariwisata, pertambangan dan kegiatan lainnya. Sementara Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran ketika membuka Focus Group Discussion menjelaskan, zonasi sangat penting untuk masa depan kabupaten Bangka karena terkait dengan tata ruang kelautan dan perikanan. Selain itu bidang-bidang lainnya seperti Pariwisata, pertambangan, dibidang perhubungan dan lain-lain.

"Tata Ruang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar terakomudasi dengan baik dan berbahaya kalau sampai tidak terakomudasi kepentingan masyarakat," katanya.

Menurutnya, dalam perda itu nantinya pihaknya berharap selain penataan yang benar-benar tepat sehingga tidak ada konflik antara pengguna pemanfaatan laut, juga mempertimbangkan aturan yang mampu memberikan kesejahteraan masyarakat.(ant/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)