Rumah Layak Huni, Harus Ada Usulan Dari Desa


Rumah Layak Huni, Harus Ada Usulan Dari Desa

SUNGAILIAT - Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat dan Rustamsyah mempunyai 38 (tiga puluh delapan) program strategis yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satu yang digiatkan sekarang ini adalah pembangunan Rumah Layak Huni (RLH).

Menurut Bupati Bangka H Tarmizi Saat di berbagai kesempatan, Pemkab Bangka sekarang ini memprioritaskan program atau kegiatan yang bersentuhan langsung dan dapat dinikmati serta dirasakan oleh masyarakat.

"Kita punya program Bunkatuslah, Buratuhiri, Semari, Bumilristi, termasuk juga pembangunan rumah layak huni, kita prioritaskan semuanya terutama bagi masyarakat yang kurang mampu," kata bupati di setia kunjungan kerjanya di desa-desa.

Selain itu juga, pembangunan Rumah Layak Huni lanjut bupati bagi masyarakat yang tidak mengeluarkan biaya sepeserpun dan gratis semuanya. "Yang penting ada datanya, dan layak memang untuk dibangun rumahnya," kata mantan sekda Bangka ini.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bangka melalui Kasi Pengembangan Kawasan Perumahan, Edi Yuwanto menuturkan untuk tahun 2017 ini ada 659 pembangunan Rumah Layak Huni bagi masyarakat Kabupaten Bangka yang digulirkan oleh pemerintah daerah, provinsi maupun pusat.

"Ada 659 rumah, yakni 81 rumah dari Dana Alokasi Khusus (DAK), 47 dari APBD, 365 dari APBN Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, 136 dari DABA Pemprov Babel dalam SATAM EMAS, dan 30 dari Program Keluarga Harapan Kementerian Sosialn ada yang sudah selesai, dan ada yang dalam tahap proses," ungkap Edi Yuwanto, Senin (4/9) di ruang kerjanya.

Diuraikan Edi kembali, pembangunan Rumah Layak Huni ini dilakukan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan ditetapkan. "Yang penting itu syaratnya, ada tanah, E-KTP, Kartu Keluarga, ada rumah, dan harus diusulkan dari desa, nah itu yang pentingnya, harus ada dari bawah dulu usulannya dari RT dan sebagainya, baru diajukan dan nanti ada tim yang akan meninjau, terjun ke lapangan dan memverifikasinya, layak atau tidak mendapatkan Rumah Layak Huni tersebut," terang Edi lagi.

Diungkapkan Edi lagi, tahun 2017 ini pembangunan Rumah Layak Huni telah dilakukan dan tersebar di semua kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka. "Kita bangun yang standar, ada ruang tamu, ada kamar mandi, kamar tidur, teras dan dapur juga, semoga apa yang menjadi program Pemkab Bangka bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan bisa menjadi amal jariah juga," kata Edi.(rul)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)