Tarmizi Saat Nyatakan Tidak Ada Desa Tertinggal di Daerahnya


Tarmizi Saat Nyatakan Tidak Ada Desa Tertinggal di Daerahnya

    SUNGAILIAT - Bupati Bangka, Tarmizi Saat menyatakan tidak ada desa di daerahnya yang masuk katagori desa tertinggal, terluar dan terpencil. Ia mengatakan, dari lebih 60 desa yang tersebar di delapan kecamatan seluruhnya sudah merasakan pemerataan pembangunan sehingga tidak ada desa yang masuk dalam katagori desa tertinggal, terluar dan terpencil (3T).

    "Melalui pembangunan infrastruktur jalan, semua desa sudah dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat sehingga mendukung peningkatan roda perekonomian masyarakat desa itu," katanya, Senin (5/6).

    Terwujudnya pemerataan pembangunan sampai ke pelosok desa kata dia, karena wilayah desa memiliki potensi yang mampu mendukung peningkatan pembangunan daerah. "Saya mengibaratkan, kalau kita membangun harus dimulai dari bawah kemudian meningkat ke bangunan selanjutnya, begitu pula sistem pemerataan bangunan," ujarnya.

    Bupati mengatakan, potensi daerah sebagian besar berada di wilayah desa seperti pertanian, perkebunan maupun sektor lainnya dan hal ini tentu harus diperhatikan dan dikembangkan secara serius serta berkelanjutan.

    "Pemerintah desa diberikan kewenangan mengembangkan potensi desanya dengan melibatkan masyarakat di masing-masing desa," terangnya.

    Dia mengingatkan seluruh pemerintah desa agar penggunaan dana desa yang diterimanya dapat dipergunakan sesuai kebutuhan masyarakat dengan menyusun program kerja berdasarkan ketentuannya. "Saya minta seluruh pemerintah desa agar dapat menggunakan dana desa untuk kepentingan pembangunan desa dan meningkatkan masyarakat di masing-masing desa," jelasnya.

    Hal penting yang perlu dilakukan oleh pemerintah desa, kata bupati, penggunaan dana desa harus dipertanggungjawabkan ke pemerintah daerah.(ant/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)