Bangka Salurkan Dana Hibah Rp200 Juta


Bangka Salurkan Dana Hibah Rp200 Juta

    SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, menyalurkan dana hibah sebesar Rp200 juta untuk organisasi Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) setempat. "Dana hibah ini bersumber dari APBD dan disalurkan melalui Ikadi untuk program Isbat," kata Bupati Bangka Tarmizi Saat, Senin (5/6).

    Ia menyebutkan, program isbat diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah nikah atau berkeluarga namun secara resmi belum memiliki dokumen akte atau buku nikah. "Saya banyak menerima pengaduan dari masyarakat yang terhambat mengurus keberangkatan naik haji atau umrah termasuk keperluan pembuatan akte kelahiran karena tidak memiliki buku nikah," katanya.

    Untuk kelancaran program isbat tersebut, kata bupati, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah lembaga berwenang seperti dengan Kementerian Agama, Kantor Urusan Agama, Pengadilan Agama dan sejumlah lembaga berwenang lainnya.

    "Koordinasi ini saya anggap perlu dilakukan agar program yang direncanakan tidak melanggar ketentuan yang berlaku," terangnya.

    Menanggapi rencana Pemkab Bangka terkait program Isbat melalui Ikadi, perwakilan Pengadilan Agama Sungailiat Husin mengatakan sesuai peraturan pelayanan isbat nikah dapat diadakan jika kerja sama antarinstansi pemerintah yang resmi bukan dengan pihak LSM.

    "Ikadi hanya sebagai koordinator sedangkan pengajuan isbat nikah tetap dari masyarakat sendiri sehingga tidak perlu dalam bentuk kerja sama atau MoU antara Pengadilan Agama dengan Ikadi dan pemerintah daerah," tutupnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)