Penyuluh Pertanian Diminta Lebih Proaktif


Penyuluh Pertanian Diminta Lebih Proaktif

SUNGAILIAT - Bupati Bangka, Tarmizi Saat meminta penyuluh pertanian di daerah itu untuk dapat bersikap lebih proaktif dalam membimbing dan membina petani setempat.

    "Berhasil tidaknya pelaksanaan pembangunan pertanian sangat ditentukan kinerja penyuluhnya yang menjadi motor penggerak sekaligus motivator, informator, promotor dan komunikator," katanya, Selasa (28/2) kemarin.

    Ia mengatakan, tenaga penyuluh secara teknis langsung berhubungan dengan pelaku pertanian sehingga mereka harus peka dengan kebutuhan para petani dan dapat bekerjasama meningkatkan sektor pertanian di kabupaten ini.

"Maka penyuluh harus bersikap koorperatif dan mampu berbaur dengan masyarakat sehingga terbina rasa kekeluargaan agar penyampaian ilmu dan wawasan mudah diserap para petani," katanya.

    Selain itu, kata dia, penyuluh pertanian harus dapat memberikan contoh nyata kepada para petani bukan hanya sekedar teori saja. "Masyarakat sekarang makin pintar, kita harus memberikan contoh nyata, masyarakat diminta bertani karet maka kita harus bertani karet begitu juga singkong, lada dan sebagainya," katanya.

    Ia mengatakan, penyuluh pertanian harus terus membekali diri dengan pengetahuan dibidang pertanian untuk kemudian diterapkan kepada para petani agar mereka mampu mengembangkan dan meningkatkan usaha tani mereka.

"Tenaga penyuluh pertanian yang profesional dan handal, mampu mengembangkan pertanian daerah ini guna mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan masyarakat," katanya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)