Dinkes Bangka Punya SMS Bunda


Dinkes Bangka Punya SMS Bunda

SUNGAILIAT - Zaman semakin mudah dan cepat. Apalagi sekarang ini Kota Sungailiat terus berbenah menuju Kota Cerdas atau Smart City. Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan juga masyarakat termasuk aparatur sipil negara (ASN) untuk gerak cepat dan tanggap.

    Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka pun menjawab harapan Bupati dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik dilakukan dengan berbagai cara mulai dari mengiatkan para kader turun ke lapangan, sampai dengan menciptakan SMS (Short Message Service) Bunda. Apakah SMS Bunda itu?

    Kepala Dinkes Bangka, dr. Then Suyanti mengungkapkan, SMS Bunda ini merupakan salah satu program pihaknya dalam memberikan pelayanan yang sifatnya smart teknologi. "Jika ada ibu hamil atau sudah melahirkan, kita daftarkan dalam S bunda ini, sehingga dapat kita pantau perkembangannya," jelas dr. Then, Rabu (24/1)
.
    Diuraikan dr. Then, SMS Bunda ini merupakan sms satu arah dan nmor ibu hamil atau yang sudah melahirkan akan kita dlsimpan. "Nanti kita feedback, kita berikan penyuluhan melalui sms, atai kita ingatkan untuk kontrol ke dokter termasuk perawatan bayinya," ungkap Then.

    Untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang semakin tinggi dan baik, Dinkes Bangka juga terus melakukan program rutin untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Then mengungkapkan, dirinya bersama timnya akan terus turun ke lapangan untuk mengecek kesehatan masyarakat, seperti penyakit tidak menular di tempat-tempat umum, termasuk juga di Kantor Bupati, DPRD dan lainnya. "Kita adakan pemeriksaan rutin untuk mengecek kesehatan," jelasnya.

    Namun untuk sekarang ini jelasnya, Dinas Kesehatan akan menggarap pasar hiegenis, ada pasar sehatnya. Mantan Direktur RSUD Sungailiat ini berharap masyarakat dapat menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat seperti yang dicita-citakan Bupati Bangka.

    "Teknisnya masih kita rembukkan, apakah akan kita tempatkan perawat atau dokter di pasar hiegenis tersebut nantinya. Sakit itu mahal harganya, jadi perilaku PBHs itu diterapkan mulai dari sekarang, dari keluarga dan masyarakat kita, harus kita sosialisasikan gaya hidup sehat dan bersih, seperti cuci tangan sebelum makan untuk menghindari penyakit diare," tukasnya.," terang dr. Then.(rb)




 




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Rabu, 21 Oktober 2020 21:55 WIB
TUING - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bangga terhadap pameran virtual pertama yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan
Gubernur Erzaldi Survei Potensi Wisata Baru Pulau Dante
Gubernur Erzaldi Survei Potensi Wisata Baru Pulau Dante
Jum'at, 16 Oktober 2020 20:58 WIB
BELINYU - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Jumat (16/10/20) dalam perjalanannya menggunakan kapal motor dari Kecamatan Belinyu, Kabupaten
KUBE Desa Labuh Air Pandan Terima Bantuan Pemprov Babel
KUBE Desa Labuh Air Pandan Terima Bantuan Pemprov Babel
Senin, 09 November 2020 15:46 WIB
LABUH AIR PANDAN - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Wagub Babel), Abdul Fatah sampaikan bantuan penguatan modal senilai Rp 20
Gerimis Tidak Halangi Gubernur Erzaldi Gowes Rayakan HUT Lanal Babel
Gerimis Tidak Halangi Gubernur Erzaldi Gowes Rayakan HUT Lanal Babel
Minggu, 08 November 2020 17:40 WIB
BELINYU - Meskipun pagi Minggu awan mendung disertai hujan gerimis, para peserta gowes antar instansi sudah siap berada di lokasi