Bendahara SKPD Pemkab Bangka Ikuti Penyuluhan Pajak


Bendahara SKPD Pemkab Bangka Ikuti Penyuluhan Pajak

         Ada Sanksi Jika Telat Laporkan Pajak


SUNGAILIAT - Bendahara SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka mendapatkan pembekalan tentang perpajakan dari Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2K) Sungailiat. Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka Akhmad Mukhsin mengatakan, melalui penyuluhan perpajakan bagi bendahara SKPD agar dapat meningkatkan tertib administrasi perpajakan di masing-masing SKPD.

    "Terimakasih kepada KP2KP yang telah melakukan penyuluhan memberikan pengetahuan kepada bendahara SKPD, khususnya saat ini adanya perubahan nomenplatur SKPD di lingkungan Pemkab Bangka sehingga perlu pemahaman dari bendara khususnya tentang perpajakan," jelasnya. Diharapkannya para bendahara dapat mengikuti sosialisasi dan berdiskusi untuk menambah pengetahuan tentang pajak, sehingga dari pengetahuan dan keterampilan yang didapat juga dapat membantu para petugas pajak.

    Kesempatan itu Kepala KP2KP Sungailiat Tiung Florida menjelaskan, penyuluhan pajak yang diberikan diantaranya pengetahuan kepada para bendahara agar dapat membuat bukti potong kartu A1 dalam rangka membuat SPT Efilling sebagai dasar membuat SPT tahunan. "Kewajiban wajib pajak salah satunya adalah memberikan laporan pajak, untuk membuat pelaporan ini diberi batas waktu sampai dengan 31 Maret 2017 untuk tahun pajak 2016," ujar Tiung.

    Diharapkan dari pembekalan yang diberikan sebagai edukasi sehingga bendahara SKPD tidak terlambat dalam menyampaikan laporan pajak, karena adanya kecendrungan wajib pajak membuat laporan saat sudah mepet waktu.
Bagi wajib pajak yang tidak melaporkan SPT Pajak akan dikenakan denda administrasi pajak, serta adanya sanksi admistrasi untuk penunggak pajak. 

    "Yang menjadi kendala kita saat ini ada beberapa bendahara, namun tidak semua SKPD yang terlambat menyampaikan laporan pajak sehingga dikenakan sanksi,” katanya. Menurut Tiung, penyuluhan pajak yang diberikan kepada bendahara SKPD di lingkungan Pemkab Bangka yang diikuti 50 orang bendahara merupakan langkah awal sebagai bentuk kerjasama KP2KP dengan Pemkab Bangka, untuk selanjutnya akan dilakukan penyuluhan hingga ke desa.(rel)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Tahun Ini, Masjid Arrokiin Parit Pekir Potong 3 Sapi
Tahun Ini, Masjid Arrokiin Parit Pekir Potong 3 Sapi
Senin, 03 Agustus 2020 16:03 WIB
SUNGAILIAT – Setelah melaksanakan Sholat Idul Adha 1441, Masjid Arrokiin, tepatnya berlokasi di Parit Pekir, Kecamatan Sungailat, Kabupaten Bangka pemotongan
Berawal Dari Youtube, Gubernur Erzaldi dan Ibu Melati Cicipi Kembang Tahu Budi
Berawal Dari Youtube, Gubernur Erzaldi dan Ibu Melati Cicipi Kembang Tahu Budi
Minggu, 26 Juli 2020 14:58 WIB
SUNGAILIAT - Di tengah-tengah agenda yang padat, Gubernur Erzaldi menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan salah satu pelaku UMKM di Sungailiat
Ponpes Mahad Islam Jamalullail Miliki Potensi Tambak Udang Vaname
Ponpes Mahad Islam Jamalullail Miliki Potensi Tambak Udang Vaname
Minggu, 26 Juli 2020 14:56 WIB
BELINYU - Gubernur Erzaldi mengunjungi kawasan Pondok Pesantren Mahad Islam Jamalullail yang dipimpin oleh Fitriawan. Pendidikan pondok pesantren ini tersedia
Ibu Melati Yakin Produk UMKM Belinyu Dapat Dipasarkan di Nasional Hingga Internasional
Ibu Melati Yakin Produk UMKM Belinyu Dapat Dipasarkan di Nasional Hingga Internasional
Sabtu, 25 Juli 2020 20:40 WIB
BELINYU - Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi meninjau pelaku usaha kecil yang bergerak di bidang makanan