Sungailiat Siap Jadi Smart City


Sungailiat Siap Jadi Smart City

SUNGAILIAT - Kota Sungailiat terus berbenah diri. Memasuki tahun 2017, Kota Bersih Tertib dan Aman ini di bawah kepemimpinan Bupati Bangka Tarmizi Saat dan Wakil Bupatinya Rustamsyah semakin meningkatkan kualitas untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

    Sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, semua urusan termasuk tentang pelayanan merupakan urusan yang dijalankan bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Salah satu targetnya dengan menciptakan Sungailiat sebagai Smart City.

    "Saya katakan Sungailiat siap untuk menjadi smart city, namun semuanya perlu mengubah mindset sehingga smart city dapat berjalan baik," ungkap Bupati Bangka Tarmizi Saat, akhir pekan yang lalu.

    Dikatakan mantan Sekda Bangka itu, banyak faktor untuk menentukan keberhasilan Sungailiat smart city tersebut, seperti pemikiran masyarakat yang harus diubah, karena Kabupaten Bangka ini mempunyai banyak keanekaragaman, mulai dari pemahaman, suku, agama dan lainnya. "Sumber daya manusia harus siapkan terlebih dahulu sehingga melahirkan satu visi dan tujuan untuk smart city ini," harapnya.

    Selain itu, untuk menciptakan smart city, Tarmizi juga mengharapkan adanya perangkat lunak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita birokrasi harus memikirkannya, karena perangkat lunak seperti komputer dan segala macamnya harus dipersiapkan dengan baik dan matang, termasuk juga sinergitas para akademisi, pengusaha, masyarakat dan birokrasi itu sendiri harus berjalan bersama," harapnya.

    Smart city merupakan sebuah konsep  kota yang mampu menggunakan dan menggerakkan sumber daya manusia, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi, dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat.(rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Lantik 148 Pegawai Pemkab Bangka, Mulkan : Mutasi dan Rotasi Merupakan Hal Lumrah
Lantik 148 Pegawai Pemkab Bangka, Mulkan : Mutasi dan Rotasi Merupakan Hal Lumrah
Jum'at, 22 Januari 2021 14:08 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka kembali melakukan perombakan dalam struktur pemerintahannya, kali ini pelantikan dilakaanakan bagi 148 orang pegawai di
Balai Benih Pertanian Air Pelempang Siap Ditanami Porang
Balai Benih Pertanian Air Pelempang Siap Ditanami Porang
Kamis, 21 Januari 2021 21:46 WIB
MENDO BARAT – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menetapkan porang sebagai komoditas unggulan di Kepulauan Bangka Belitung untuk
Bupati Bangka Ajak Masyarakat Sukseskan Imunisasi Difteri
Bupati Bangka Ajak Masyarakat Sukseskan Imunisasi Difteri
Rabu, 20 Januari 2021 15:34 WIB
Mendo Barat - Bupati Bangka, Mulkan SH MH mengajak seluruh masyarakat khususnya di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat untuk
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Rabu, 21 Oktober 2020 21:55 WIB
TUING - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bangga terhadap pameran virtual pertama yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan