Sungailiat Siap Jadi Smart City


Sungailiat Siap Jadi Smart City

SUNGAILIAT - Kota Sungailiat terus berbenah diri. Memasuki tahun 2017, Kota Bersih Tertib dan Aman ini di bawah kepemimpinan Bupati Bangka Tarmizi Saat dan Wakil Bupatinya Rustamsyah semakin meningkatkan kualitas untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

    Sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, semua urusan termasuk tentang pelayanan merupakan urusan yang dijalankan bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Salah satu targetnya dengan menciptakan Sungailiat sebagai Smart City.

    "Saya katakan Sungailiat siap untuk menjadi smart city, namun semuanya perlu mengubah mindset sehingga smart city dapat berjalan baik," ungkap Bupati Bangka Tarmizi Saat, akhir pekan yang lalu.

    Dikatakan mantan Sekda Bangka itu, banyak faktor untuk menentukan keberhasilan Sungailiat smart city tersebut, seperti pemikiran masyarakat yang harus diubah, karena Kabupaten Bangka ini mempunyai banyak keanekaragaman, mulai dari pemahaman, suku, agama dan lainnya. "Sumber daya manusia harus siapkan terlebih dahulu sehingga melahirkan satu visi dan tujuan untuk smart city ini," harapnya.

    Selain itu, untuk menciptakan smart city, Tarmizi juga mengharapkan adanya perangkat lunak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita birokrasi harus memikirkannya, karena perangkat lunak seperti komputer dan segala macamnya harus dipersiapkan dengan baik dan matang, termasuk juga sinergitas para akademisi, pengusaha, masyarakat dan birokrasi itu sendiri harus berjalan bersama," harapnya.

    Smart city merupakan sebuah konsep  kota yang mampu menggunakan dan menggerakkan sumber daya manusia, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi, dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat.(rel)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Mentan Syahrul Lepas Ekspor Perdana Cangkang Sawit ke Jepang
Mentan Syahrul Lepas Ekspor Perdana Cangkang Sawit ke Jepang
Minggu, 09 Agustus 2020 20:22 WIB
SUNGAILIAT – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meninjau persiapan Pabrik Tapioka PT Bangka Asinda Agri (BBA) di Kelurahan Kenanga,
Gubernur Erzaldi Lepas Ekspor Perdana 10.000 Ton Cangkang Sawit
Gubernur Erzaldi Lepas Ekspor Perdana 10.000 Ton Cangkang Sawit
Kamis, 06 Agustus 2020 19:54 WIB
BELINYU - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman didampingi Forkopimda Prov. Kepulauan Babel melepas ekspor perdana 10.000 ton cangkang
Diduga Ngebut di Tikungan Salak, Vario Oleng Hantam Nisan Livina
Diduga Ngebut di Tikungan Salak, Vario Oleng Hantam Nisan Livina
Kamis, 06 Agustus 2020 19:48 WIB
SUNGAILIAT - Kecelakaan lalu lintas terjadi di wilayah hukum Polres Bangka, Rabu (05/08/2020) sekitar pukul 22.25 wib. Kecelakaan melibatkan kendaraan
MPC PP Bangka Serap Aspirasi Dan Dengar Keluhan Nelayan Muara Air Kantung Dangkal
MPC PP Bangka Serap Aspirasi Dan Dengar Keluhan Nelayan Muara Air Kantung Dangkal
Rabu, 05 Agustus 2020 18:48 WIB
SUNGAILIAT – Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Bangka, Sarmili menyambangi warga pesisir terkait keluhan alur muara Air Kantung dangkal,