Pelayanan Dokumen Kependudukan, Gratis!


Pelayanan Dokumen Kependudukan, Gratis!

SUNGAILIAT - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka, Rahmat Gunawan menjelaskan semua pengurusan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, akta kematian, KTP, Kartu Keluarga untuk masyarakat tidak dipungut biaya alias gratis.

    "Kita beritahukan kepada masyarakat, semuanya gratis, tidak ada biaya satu sen pun," kata Rahmat, Kamis (19/1).
    Dijelaskannya, sekarang ini pengurusan dokumen kependudukan semakin mudah, cepat dan tepat waktu. Untuk itu sambungnya lagi, kepada masyarakat, silahkan mengurusi dokumen kependudukannya sendiri tanpa pakai perantara.
"Jangan pakai calo, harus datang sendiri, karena semuanya gratis, dan semakin mudah, tidak lama," ingatnya.

    Selama ini, masih ada masyarakat yang beranggapan, jika mengurus semua dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan sebagainya harus mengeluarkan biaya, padahal pemenrintah sudah menekankan semua pengurusan dan sebagainya tidak dipungut biaya. "Semua pengurusan dan penertiban dokumen kependudukan tidak dikenakan biaya, gratis," tekannya kembali.
    Untuk itu, Rahmat berharap, masyarakat untuk melaporkan dan mengurus semua dokumen kependudukannya sendiri, mulai dari kelahiran, kematian, perpindahan penduduk, kedatangan penduduk, kematian, dan perubahan kartu keluarga. "Lapor dan daftarkan sendiri dokumen kependudukannya," urainya.

    Dalam kesempatan itu, Gunawan menyampaikan, pihaknya siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terkait pelayanan, pihaknya melakukan jemput bola ke rumah sakit maupun puskesmas."Kita siap jemput bola, terutama yang berkaitan dengan dokumen kependudukan. Biasa setiap hari Senin dan Kamis, kita langsung turun ke lapangan, jemput bola untuk melayani masyarakat," ungkap Rahmat.

    Menurut Rahmat, sekarang ini, dirinya bersama jajarannya, sesuai dengan arahan Bupati Bangka, untuk siap melakukan kerja lebih ekstra untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Kita lakukan sesuai prosedur, kita siap melayani untuk dokumen kependudukan ini. Ke depan, dengan inovasi-inovasi yang diluncurkan, kami berharap semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan mudah, efisien, dan yang penting tepat waktu," imbuhnya.(rel/rb)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Gubernur Erzaldi Lakukan Program Magrib Mengaji di Masjid Nurul Huda Sungailiat
Gubernur Erzaldi Lakukan Program Magrib Mengaji di Masjid Nurul Huda Sungailiat
Rabu, 08 Juli 2020 20:29 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Erzaldi Rosman bersilaturahmi dengan hadir di tengah-tengah warga Sungailiat dan turut mengikuti kegiatan mengaji bersama di Masjid
Gubernur Erzaldi Harap RSUP Ir. Soekarno Babel Punya Sistem Informasi Terintegrasi
Gubernur Erzaldi Harap RSUP Ir. Soekarno Babel Punya Sistem Informasi Terintegrasi
Rabu, 08 Juli 2020 20:28 WIB
AIR ANYIR - Rumah Sakit Umum Daerah Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), diharapkan mempunyai sistem informasi
Kontribusi Tim Penggerak PKK Babel Dalam Penanganan Covid-19
Kontribusi Tim Penggerak PKK Babel Dalam Penanganan Covid-19
Selasa, 30 Juni 2020 14:16 WIB
BELINYU - Tim Penggerak PKK Prov. Kepulauan Babel turut ikut berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Babel.
Ketua TP PKK Melati Erzaldi Ingatkan Untuk Tidak Mengucilkan Pasien Terdampak Covid-19
Ketua TP PKK Melati Erzaldi Ingatkan Untuk Tidak Mengucilkan Pasien Terdampak Covid-19
Selasa, 30 Juni 2020 15:08 WIB
RIAU SILIP - Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi mengingatkan kepada para kader PKK agar tidak melakukan tindakan diskriminatif atau