Pelayanan Dokumen Kependudukan, Gratis!


Pelayanan Dokumen Kependudukan, Gratis!

SUNGAILIAT - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka, Rahmat Gunawan menjelaskan semua pengurusan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, akta kematian, KTP, Kartu Keluarga untuk masyarakat tidak dipungut biaya alias gratis.

    "Kita beritahukan kepada masyarakat, semuanya gratis, tidak ada biaya satu sen pun," kata Rahmat, Kamis (19/1).
    Dijelaskannya, sekarang ini pengurusan dokumen kependudukan semakin mudah, cepat dan tepat waktu. Untuk itu sambungnya lagi, kepada masyarakat, silahkan mengurusi dokumen kependudukannya sendiri tanpa pakai perantara.
"Jangan pakai calo, harus datang sendiri, karena semuanya gratis, dan semakin mudah, tidak lama," ingatnya.

    Selama ini, masih ada masyarakat yang beranggapan, jika mengurus semua dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan sebagainya harus mengeluarkan biaya, padahal pemenrintah sudah menekankan semua pengurusan dan sebagainya tidak dipungut biaya. "Semua pengurusan dan penertiban dokumen kependudukan tidak dikenakan biaya, gratis," tekannya kembali.
    Untuk itu, Rahmat berharap, masyarakat untuk melaporkan dan mengurus semua dokumen kependudukannya sendiri, mulai dari kelahiran, kematian, perpindahan penduduk, kedatangan penduduk, kematian, dan perubahan kartu keluarga. "Lapor dan daftarkan sendiri dokumen kependudukannya," urainya.

    Dalam kesempatan itu, Gunawan menyampaikan, pihaknya siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terkait pelayanan, pihaknya melakukan jemput bola ke rumah sakit maupun puskesmas."Kita siap jemput bola, terutama yang berkaitan dengan dokumen kependudukan. Biasa setiap hari Senin dan Kamis, kita langsung turun ke lapangan, jemput bola untuk melayani masyarakat," ungkap Rahmat.

    Menurut Rahmat, sekarang ini, dirinya bersama jajarannya, sesuai dengan arahan Bupati Bangka, untuk siap melakukan kerja lebih ekstra untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Kita lakukan sesuai prosedur, kita siap melayani untuk dokumen kependudukan ini. Ke depan, dengan inovasi-inovasi yang diluncurkan, kami berharap semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan mudah, efisien, dan yang penting tepat waktu," imbuhnya.(rel/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Top 30, Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2019
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Top 30, Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2019
Selasa, 10 Desember 2019 15:47 WIB
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka meraih penghargaan Top 30, dalam bidang Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (P4N), LAPOR tahun
Pemkab Bangka Raih  Penghargaan Penyaluran DAK Fisik Terbaik 2019
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Penyaluran DAK Fisik Terbaik 2019
Senin, 09 Desember 2019 12:09 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dinobatkan sebagai pemerintah daerah terbaik, dalam pelaporan dan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik
Bupati Mulkan : Penghargaan Diperoleh Pemkab Bangka Atas Dukungan Seluruh ASN
Bupati Mulkan : Penghargaan Diperoleh Pemkab Bangka Atas Dukungan Seluruh ASN
Senin, 09 Desember 2019 10:56 WIB
SUNGAILIAT - Bupati Bangka Mulkan menyadari jika sejumlah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dari pemerintah pusat maupun pemerintah
Pasukan Kuning di Ganjar Bonus, Bupati Bangka Berharap Piala Adipura Dipertahankan
Pasukan Kuning di Ganjar Bonus, Bupati Bangka Berharap Piala Adipura Dipertahankan
Senin, 09 Desember 2019 10:24 WIB
SUNGAILIAT – Sebanyak 189 petugas kebersihan (pasukan kuning..red) di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menerima bonus dari