Perbankan Diminta Bantu Usaha Nelayan


Perbankan Diminta Bantu Usaha Nelayan

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) meminta perbankan membantu usaha nelayan tradisional agar mereka mudah meningkatkan hasil tangkapan dan kesejahteraan keluarga.

    "Saat ini perekonomian masyarakat nelayan sedang sulit mengingat kondisi cuaca di perairan yang tidak baik," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Yan Megawandi, kemarin.

    Ia menjelaskan, jumlah masyarakat berprofesi nelayan di provinsi kepulauan ini cukup besar, sehingga diperlukan dorongan dari perusahaan BUMN dan swasta untuk memberdayakan perekonomian masyarakat pesisir. "Kami berharap peran serta perbankan untuk memberikan bantuan modal usaha, pelatihan dan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat pesisir," ujarnya.

    Ia mengatakan, jumlah perbankan BUMN dan swasta yang ada di provinsi ini mencapai 24 perusahaan tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang. "Kami terus mendorong keberadaan perbankan ini dengan harapan dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat terutama para nelayan," ujarnya.

    Menurut dia saat ini nelayan tradisional sangat membutuhkan bantuan dalam meningkatkan usaha penangkapan ikan yang masih dilakukan secara tradisional. Apalagi saat ini kondisi cuaca di perairan yang masih kurang mendukung untuk usaha penangkapan ikan yang berdampak langsung terhadap perekonomian keluarga nelayan. "Kami terus mendorong perekonomian nelayan ini melalui penyaluran bantuan peralatan tangkap, pembinaan usaha keluarga nelayan dan bantuan lainnya," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)