Bupati Tinjau Masjid, Pasar dan Persawahan Kota Kapur


Bupati Tinjau Masjid, Pasar dan Persawahan Kota Kapur

    MENDOBARAT - Bupati Bangka, Tarmizi Saat kembali melakukan kerja nyata dengan melakukan peninjauan ke areal persawahan di Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendobarat guna mengecek dan memberi arahan kepada petani agar tetap berkomitmen dalam mewujudkan pertanian yang tangguh, Kamis (5/1).

    Sekitar pukul 07.30 WIB, Bupati bersama dengan Kepala Dinas Pertanian Kemas Arfani, Kepala Satpol PP Dalyan Amri, Sekretaris Dinas PU Chairil Anwar, serta Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra, langsung meluncur ke Kecamatan Mendobarat di tengah guyuran hujan.

    Peninjauan pertama dilakukan di Pasar Desa Penagan yang sedang dalam tahap penyelesaian akhir dan akan dipergunakan dalam waktu yang tidak lama lagi. Peninjauan kedua dilakukan di Masjid Faturahman Kota Kapur yang juga dalam penyelesaian akhir dan terlihat masjid tersebut akan berdiri megah dan indah.

    Setelah berdialog dengan Kepala Desa dan tokoh masyarakat setempat, Bupati bersama rombongan kemudian menuju areal persawahan Kota Kapur yang didampingi juga Penyuluh Pertanian Lapangan, Chandra, dan Ketua Gapoktan Prasasti Karya Bangka, Jafri. Dalam peninjauan ke areal lahan persawahan, akses jalan sangat memprihatinkan dengan kondisi tanah kuning berlobang dan juga di areal jalan menuju persawahan yang baru dibuka pada Maret 2016 lalu cukup sulit untuk dilalui.

    "Kita akan bantu untuk pembuatan jalan di areal persawahan namun sebelumnya masyarakat bisa bergotong royong untuk memperbaiki jalan di areal persawahan," jelasnya. Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati mengatakan bahwa melalui Dinas Pertanian akan dibantu tiga unit hand traktor, mesin semprot, dan juga mesin perontok padi yang mana diharapkan akan membantu petani dalam mengelola pertanian di Kota Kapur.

    Sementara itu, Ketua Gapoktan Prasasti Karya Bangka Jafri mengatakan, bahwa pembukaan lahan pertama kali dilakukan pada bulan Maret 2016 oleh pihak TNI dan masyarakat kemudian dilakukan penanaman pertama pada bulan September dan pada bulan Januari 2017 ini sudah mulai dilakukan panen padi. "Jumlah anggota petani kita sebanyak 265 orang yang tergabung dalam 8 kelompok tani dan memang Alhamdulillah kita sudah panen dan kedepannya diharapkan akan lebih baik lagi untuk produksi padi dengan bantuan dari Pemda Bangka," ucap Jafri.

    Dari pantauan, areal lahan persawahan seluas 135 hektare tersebut sudah digarap oleh petani bahkan ada yang sudah panen dan sedang memanen padi di kawasan tersebut. Hanya saja, untuk pengairan memang masih kurang dan masih alami dengan dibuat bandar untuk saluran air.(rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)