Bupati Bangka Melepas Burung di Hutan Wisata


Bupati Bangka Melepas Burung di Hutan Wisata

SUNGAILIAT - Bupati Bangka, H Tarmizi Saat melepas 33 ekor burung Jalak Batu dan Perbak, Rabu ( 23/11) pagi di Hutan Wisata Sungailiat. Bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka H. Saiful Zuhri, Bupati melepas burung tersebut yang dimaksudkan sebagai upaya pelestarian satwa di hutan Wisata.

Pelepasan burung juga dihadiri H Zaqwan dari Kementerian Agama (Kemenag) Bangka, Kepala Bagian Humas, PDE dan Santel Setda Bangka Boy Yandra dan warga yang sedang berada di kawasan hutan wisata.
    
Tarmizi menjelaskan, burung yang dilepas dipesan di tempat penjualan satwa di Pangkalpinang, serta sudah memesan sejumlah jenis burung diantaranya elang, termasuk monyet.

Menurutnya, tempat perdagangan satwa di Pangkalpinang menyediakan berbagai jenis satwa yang tidak dilarang untuk diperjualbelikan. "Pelepasan burung sebagai upaya pelestarian sehingga anak cucu mendatang dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna, khususnya di hutan wisata Sungailiat," ujarnya.
    
Dijelaskan Bupati, menyertakan Haji Saiful Zuhri dan Ustadz Zaqwan dimaksudkan untuk mendoakan agar hutan wisata Sungailiat dapat bermanfaat bagi masyarakat. Berbagai jenis burung yang dilepas di hutan Wisata Sungailiat dengan tujuan untuk keragaman jenis satwa yang menghuni kawasan tersebut.
    
Menurut Bupati, satwa khas Bangka sudah banyak yang punah, disebakan karena perburuan serta hutan sudah banyak dibuat tambang dan kebun, sehingga hutan menjadi menyempit sulit bagi satwa untuk mencari makan dan berkembang biak, untuk itu  sisa hutan yang ada diisi dengan berbagai satwa sebagai tempat pelestarian.
  
Kesempatan tersebut Ketua MUI Bangka H Saiful Zuhri mengatakan, pelepasan burung di kawasan hutan wisata merupakan langkah yang positif dilakukan Bupati Bangka untuk meningkatkan kenyaman masyarakat yang berada di kawasan ini. "Kawasan Hutan Wisata akan semakin lengkap nantinya, dengan adanya Taman Bacaan Masyarakat yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan," jelasnya.
    
Dikatakan dia juga, hutan wisata Sungailiat tempatnya sangat indah, sejuk, disamping sebagai tempat berlindung dan berolahraga, juga sedang dipersiapkan pemerintah daerah berupa fasilitas perpustakaan yakni Taman Bacaan Masyarakat. "Hutan wisata juga sebagai bentuk edukasi kita kepada alam, berbagai jenis pohon di Bangka terdapat di kawasan hutan wisata serta adanya edukasi melalui falitas perpustakaan, merupakan kolaborasi yang indah," tambah Ketua MUI.
    
Kawasan Hutan Wisata Sungailiat, yang letaknya dekat dengan Masjid Agung, juga akan mempermuda  h masyarakat yang berada di kawasan tersebut untuk beribadah.(rel/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)