Ayo Capai Keberhasilan Perempuan


Ayo Capai Keberhasilan Perempuan

    SUNGAILIAT - Bupati Bangka diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Drs. Arman membuka Sosialisasi peran perempuan dalam pembangunan, kegiatan Pembinaan Organisasi Perempuan di Kabupaten Bangka, Selasa (22/11) di gedung Wanita Sungailiat.

    Arman mengatakan, peran dan tugas perempuan dalam keluarga secara garis besar dibagi menjadi peran perempuan sebagai ibu, sebagai istri dan sebagai anggota masyarakat. "Keberhasilan melakukan peran diatas tentunya bukan merupakan hal mudah, yang penting adalah kemauan dan usaha serta keinginan untuk selalu belajar," ujar Arman.

    Dijelaskan dia, keluarga merupakan suatu lembaga sosial yang paling besar perannya bagi kesejahteraan dan melangsungkan hidup anggota keluarga terutama anak-anaknya, dalam perkembangan dan pembentukan pribadi anak. "Keluarga merupakan wadah tempat bimbingan dan latihan anak sejak kecil, muda belia dan diharapkan tumbuh berkembang hingga dewasa," imbuhnya.

    Dikatakan dia lagi, tiga tugas penting peran ibu didalam mendidik anak yaitu sebagai penanggung jawab pemenuhan kebutuhan anak, ibu sebagai model yang ditiru dan diteladani anak dan ibu sebagai pemberi stimulan bagi perkembangan anak. "Ibu sebagai istri pendamping suami tentunya tidak lepas dari peran ibu sebagai ibu rumah tangga, penasehat yang bijaksana serta pendorong suami," tukasnya.

    Sosialisasi dengan tema peran perempuan dan keluarga dalam mencegah kekerasan terhadap anak merupakan salahsatu upaya yang dilakukan dalam mencegah tindakan kekerasan dalam rumah tangga. Tindak kekerasan merupakan sikap yang sering dilakukan bukan hanya kekerasan terhadap fisik akan tetapi bisa dalam bentuk kekerasan ekonomi, seksual dan dan juga mental.

    "Sikap tidak memberikan nafkah terhadap istri dalam rentang waktu yang lama merupakan salah satu contoh kekerasan ekonomi yang dilakukan seorang suami maka dari itu yang perlu diperhatikan mengapa kekerasan tersebut kerap dialami perempuan dan anak meskipun tidak menutup kemungkinan akan dialami pula oleh kaum laki-laki, oleh karena perlu dilakukan upaya untuk menanggulangi segala bentuk kekerasan yang terjadi," paparnya.

    Sementara itu ketua pelaksana, kepala kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan kabupaten Bangka Irzoni, M.Si menjelaskan, tujuan sosialisasi untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan manusia di Indonesia terkhusus perempuan yang bergabung dalam organisasi di Bangka sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

    "Sosialisasi yang berlangsung sehari dikuiti sebanyak 65 peserta merupakan perwakilan dari seluruh organisasi wanita di Bangka," jelasnya.(rel/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)