132 Peserta Ikuti Bimtek Penyusunan RAB


132 Peserta Ikuti Bimtek Penyusunan RAB

    SUNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat membuka bimbingan teknis penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Gambar Kegiatan Pengadaan Barang/Jasa di desa, Selasa (27/9) di hotel Novila Sungailiat. Bimtek diikuti 132 peserta berasal dari LPM Desa, Kaur Pembangunan Desa dan Kasi Pembangunan kecamatan.

    Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM Pemdes) Kabupaten Bangka sebagai penyelenggara Bimtek mendatangkan nara sumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, untuk memberikan pemahaman kepada para peserta tentang teknis penyusunan RAB dan gambar kegiatan pengadaan barang/Jasa.

    Kepala BPM Pemdes Kbupaten Bangka Hj Mina Tarmizi, M.Si menjelaskan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih rendah terkait dengan teknis penyusunan RAB dan gambar, sehingga dilaksanakan Bimtek guna meningkatkan ketrampilan para peserta Bimtek. Dengan peningkatan ketrampilan dalam pengadaan barang dan jasa akan menghindari LPM dan apartur desa menyalahi aturan, sehingga penyerapan dana desa lebih cepat dan tinggi.

    Sesuai dengan Undang Undang No. 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan lainnya terkait dengan pemerintah desa serta pengelolaan keuangan desa,  khususnya dalam pengadaan barang dan jasa di desa harus memenuhi aturan dan perundang–undangan yang berlaku. Bupati Bangka Tarmizi Saat mengakui kendala dalam pengadaan barang dan jasa desa karena rendahnya kualitas SDM dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa. “Terlambatnya serapan dana desa akan berpengaruh kepada dana alokasi khusus dan dana alokasi umum yang akan diterima desa di tahun mendatang,” ujar Bupati.

    Diharapkannya, para peserta bimtek untuk serius mengikuti setiap materi yang diberikan narasumber, sehingga akan lebih menguasai dalam pembuatan RAB dan Gambar dalam pengadaan barang dan jasa sehingga proses pengadaan barang dan jasa dapat cepat dilakukan. Keterlambatan dan rendahnya serapan dana desa juga akan mempengaruhi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2017.

    Menurut bupati, penyusunan rencana APBDes 2017 agar dapat melibatkan masyarakat untuk mendapatkan masukan apa yang dibutuhkan, sehingga aspirasi masyarakat dapat terakomodir. Untuk itu  Badan Permusyawaratan Desa dan Pemerintahan Desa dapat saling mengisi sesuai dengan fungsi masing-masing sehingga pelaksanaan pembangunan desa akan dapat terlaksanakan sesuai rencana.

    Bimbingan Teknis Penyusunan RAB dan Gambar Kegiatan Pengadaan Barang/Jasa di desa bagi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM)  Desa, Kaur Pembangunan Desa se Kabupaten Bangka dan kasi Pembangunan Kecamatan berlangsung 2 hari, selain narasumber dari dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah juga dari Pemkab Bangka.(rel/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Senin, 14 Oktober 2019 20:40 WIB
SUNGAILIAT - Sidang perkara dugaan memberikan keterangan palsu sebagaimana Pasal 242 KUHP, dengan terdakwa Susilawati alias Ela, kembali digelar
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Senin, 07 Oktober 2019 16:09 WIB
SUNGAILIAT - Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Bangka, Mila Karmila, menuntut terdakwa Susilawati alias Ela dengan hukuman tiga bulan
Merasa Bersalah, Ela Ngaku Beri Keterangan Palsu
Merasa Bersalah, Ela Ngaku Beri Keterangan Palsu
Selasa, 01 Oktober 2019 22:30 WIB
SUNGAILIAT - Susilawati alias Ela (42), kini diduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Sungailiat sebagai terdakwa. Warga Sungailiat itu didakwa
Gubernur Pimpin Penanaman Bibit Mangrove  & Pelepasan Kepiting Bakau
Gubernur Pimpin Penanaman Bibit Mangrove & Pelepasan Kepiting Bakau
Jum'at, 27 September 2019 11:28 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H Erzaldi Rosman menghadiri penanaman bibit mangrove dan pelepasan ratusan bibit kepiting