e-KTP Sebelum 2013 Berlaku Seumur Hidup


e-KTP Sebelum 2013 Berlaku Seumur Hidup

    SUNGAILIAT - Bagi warga masyarakat yang memiliki KTP Elektronik yang terbit sebelum tahun 2013 maka masa berlakunya otomatis menjadi seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang lagi walaupun masa berlakunya habis. "Sesuai dengan Surat Edaran Mendagri RI Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016, pasal 101 huruf c UU No 24 tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP elektronik yang sudah diterbitkan sebelum UU No 24 Tahun 2013 tetap berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun habis masa berlakunya,’’ ungkap Agus Supriatna, Kabid Kependudukan, Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka, Kamis (15/9).

    Dikatakannya lagi, untuk pelayanan perekaman KTP Elektronik di Dukcapil dibuka hingga sore hari dan untuk masyarakat di desa-desa dibuka pelayanan perekaman KTP Elektronik di kantor kecamatan sehingga diharapkan data kependudukan di Kabupaten Bangka bisa terekam dengan baik. Selain itu juga, Agus menjelaskan bahwa untuk pelayanan perekaman, penerbitan dan pergantian KTP Elektronik yang rusak dan tidak mengubah elemen data kependudukan, cukup dengan menunjukkan fotokopi KTP tanpa perlu surat pengantar.

    ‘’Namun, untuk KTP yang hilang atau mengubah elemen data memerlukan surat pengantar dari RT, RW, Kelurahan/Desa, dan kecamatan dan surat laporan kehilangan dari Kepolisian,’’ jelas Agus Supriatna.

Dari pantauan kemarin pagi, masyarakat tampak memenuhi ruang pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka untuk mengurus KTP Elektronik dan surat menyurat lainnya. Tampak proses pelayanan berlangsung lancar walaupun masyarakat harus rela antri dan menunggu dengan sabar dan ikhlas.(rel/rb)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
DPD KNPI Bangka Bentuk Advokasi Pemuda Bahtera
DPD KNPI Bangka Bentuk Advokasi Pemuda Bahtera
Rabu, 14 Oktober 2020 19:53 WIB
SUNGALILAT - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka membentuk Tim Advokasi Pemuda Bahtera.
5 Pemuda Langgar Protokol Kesehatan Terjaring Ops Yustisi
5 Pemuda Langgar Protokol Kesehatan Terjaring Ops Yustisi
Selasa, 13 Oktober 2020 18:25 WIB
SUNGAILIAT - Operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan dilakukan tim gabungan di Jalan Raya Desa Riau – Desa Pugul, Senin
Bupati Bangka Serahkan 12 Unit Ambulance Untuk Pukesmas & PSC 119
Bupati Bangka Serahkan 12 Unit Ambulance Untuk Pukesmas & PSC 119
Rabu, 30 September 2020 15:23 WIB
SUNGAILIAT – Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan menyerahkan 10 unit mobil ambulance untuk masing-masing Puskesmas dan 2 unit mobil ambulance PSC
33 Personel Polsek Belinyu Tes Urin, Ini Hasilnya
33 Personel Polsek Belinyu Tes Urin, Ini Hasilnya
Selasa, 29 September 2020 12:03 WIB
SUNGAILIAT - Guna terciptanya polisi yang bersih dari penyalahgunaan narkotika, 33 personel Polsek jajaran melaksanakan tes urine,Senin (28/09/2020) sore.