Kini APBDes Bisa Diketahui Masyarakat


Kini APBDes Bisa Diketahui Masyarakat

    PEMALI - Bupati Bangka Tarmizi Saat melakukan launching Festival Anggaran Desa tahun 2016 se Kabupaten Bangka, Rabu (7/9) di halaman Kantor Desa Air Ruai, Kecamatan Pemali. Festival Anggaran Desa tahun 2016 se Kabupaten Bangka sebagai bentuk keterbukaan Pemerintah Desa kepada masyarakat dalam penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

    Sekjen Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka Saipul Achyar menjelaskan, seluruh desa di Indonesia dalam tahun 2016 ini, termasuk juga desa – desa di Kabupaten Bangka secara terbuka kepada masyarakat mengumumkan penggunaan APBDes. “Tidak ada lagi kecurigaan di masyarakat terhadap dana desa yang dipergunakan, semua dalam keterbukaan,” jelasnya.

    Diakuinya, masih ada kelemahan adminitrasi dalam penggunaan anggaran, yang disebabkan masih kurangnya keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM). “Kami harapkan bimbingan terus diberikan pihak Kejaksaan Negeri Bangka dan Polres Bangka, agar dalam penggunaan anggaran desa aparat desa tidak tersandung permaslahan hukum,” ujarnya. Festifal Anggaran Desa 2016, merupakan penyampaian informasi penggunaan APBDes kepada masyarakat melalui baleho yang terpasang di halaman kantor desa sehingga dapat dilihat masyarakat.

    Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan Festival Dana Desa dapat dilombakan, yang terbaik dalam menyampaikan informasi tentang APBDes kepada masyarakat akan diberikan penghargaan. Bupati sudah menyiapkan hadiah uang dengan total Rp 10 juta untuk memberikan penghargaan kepada desa yang dinilai baik dalam menyajikan informasi. “Di era keterbukaan saat ini perlu adanya transparansi, sehingga masyarakat tidak bertanya – tanya lagi namun bisa langsung melihat kondisi anggaran desa,” jelas Bupati.

    Dkatakannya, penyampaian informasi yang dilakukan secara terbuka, masyakarat akan dapat mengetahui peruntukan dan penggunaan dana – dana apa saja, baik yang berasal dari APBD maupun APBN.

Menanggapi masih kurangnya tenaga SDM di Pemerintahan Desa, Bupati Bangka minta dipersiapkan SDM dengan mendidik mereka dibidang akutansi. “Di Desa Air Ruai sudah ada Akademi Akuntansi yang dapat dimanfaat pemerintah desa untuk menyekolakan SDM nya,” kata Bupati.

    Bupati juga mengharapkan keterlibatan Sarjana PenggerakPembangunan Pedesaan (SP3) yang ditempatkan di desa - desa di Kabupaten Bangka dapat lebih berperan dalam mendampingi para kepala desa dalam mempersiapkan administrasi terkait dengan kegiatan penggunaan anggaran. “Jangan sampai ada lagi Kepala desa yang terkena permasalahan hukum, kalau masih ada berarti saya juga sebagai bupati kurang melakukan pembinaan,” tutupnya.(rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)