Tuing Disiapkan Jadi KEK


Tuing Disiapkan Jadi KEK

    SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka mempersiapkan kawasan Tuing, Kecamatan Riau Silip menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Upaya yang dilakukan menindaklanjuti keputusan Kementerian Pariwisata RI yakni Bangka Belitung menjadi KEK Pariwisata, dengan lokasi di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Bangka.

    Bupati Bangka Tarmizi Saat minta seluruh SKPD terkait di lingkungan Pemkab Bangka untuk mempersiapkan penetepan KEK Pariwisata Tuing. Diantaranya terkait dengan lahan yang akan dipergunakan merupakan kawasan yang dikelola PT Timah Tbk. Hal itu dikatakan Bupati pada coffee morning yang dihadiri kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bangka, Senin (5/9) di ruang rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka. “Terkait dengan lahan saya akan menghubungi PT Timah Tbk,“ ujar bupati.

    Pembangunan KEK Tuing akan menggunakan dana APBN dengan alokasi sekitar Rp 5 triliyun. Disana nanti akan dibangun sarana dan prasarana pariwisata diantaranya hotel, lapangan golf dan sarana lainnya. Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan untuk mempersiapkan KEK Pariwisata Tuing seluruh SKPD terkait agar segera melakukan rapat dengan membagi tugas sesuai dengan bidangnya masing – masing.

    “Semua SKPD di lingkungan Pemkab Bangka untuk terlibat dalam mempersiapkan KEK Tuing,” katanya. Bupati Bangka Tarmizi Saat akan memperkenalkan kawasan Tuing kepada Menteri Pariwisata RI Arif Yahya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangka 9 September 2016 pada acara Bangka Culture Wave 2016.

    Kesempatan tersebut Sekda Bangka Fery Insani menjelaskan, guna mempersiapkan KEK Tuing, khususnya untuk study kelayakan kawasan akan menggunakan jasa konsultan, yang nantinya dalam pembangunan akan mengacu kepada tata ruang. "Pembangunan KEK Tuing mengacu kepada Tata Ruang merupakan suatu keharusan,” jelas Fery. Menurut Sekda, pembahasan yang dilakukan nanti terkait dengan finansial, amdal dan hal – hal lainnya. “Masalah amdal terkait dengan lingkungan ini merupakan hal yang penting, yang dapat dipersiapkan Badan Lingkungan Hidup,” jelasnya.

    Sedangkan Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Panbudi Marwoto mengatakan, perencanaan pembangunan kawasan wisata di Tuing harus segera dilaksanakan, termasuk melengkapi semua syarat untuk segera di laporkan ke pemerintah pusat. “Kesiapan kita lebih cepat lebih baik dan segera disampaikan kepada  pemerintah pusat maka Peraturan Presidennya akan segera turun sebagai payung hukum,” jelasnya.(rel/rb)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Jum'at, 18 September 2020 21:24 WIB
SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada hari ini Jumat (18/9/2020), bertambah lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19
 TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
Kamis, 17 September 2020 19:45 WIB
SUNGAILIAT – TNI AL bersama Polri menggandengan Pemkab dan Ormas Laskar Pesisir Kabupaten Bangka menanam bibit magrove di pesisir pantai
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Kamis, 17 September 2020 12:43 WIB
SUNGAILIAT – Nelayan pesisir meminta pemerintah untuk segera mengambil alih proses kegiatan normalisasi dan pengerukan limbah pasir di pesisir Air
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Selasa, 15 September 2020 20:14 WIB
SUNGAILIAT - Kasus terbunuhnya inisial EK (30), warga Kelurahan Surya Timur, Kabupaten Bangka terungkap. Motifnya cinta segitiga.Polres Bangka, Selasa (15/09/2020)