Tidak Ada yang Salah dengan UU Minerba


Tidak Ada yang Salah dengan UU Minerba

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Pro dan kontra terhadap Undang-Undang (UU) Mineral dan Batubara (Minerba) Nomor 4 tahun 2009 selama ini mengisyaratkan bahwa UU tersebut sulit untuk diterapkan di Provinsi Bangka Belitung (Babel). 

Terhadap hal tersebut, Thabrani Alwi, Mantan Direktur Utama PT. Timah (Persero) Tbk menganggap, bahwa tidak ada yang salah dengan UU Minerba.

"Kalau menurut saya tidak masalah dengan UU Minerba sekarang.  UU ini sudah disiapkan sudah sejak lama. Masalah ada yang tidak suka itu, karena belum dicoba saja. Kalau sudah, tidak ada masalah," kata Thabrani kepada wartawan, Senin (13/6) lalu.

Menurutnya, luas Izin Usaha Pertambangan (IUP) minimal 5.000 hektar yang selama ini dipermasalahkan oleh banyak pihak, bisa diselesaikan dengan pengelolaan luas lahan pertambangan skala kecil dalam bentuk koperasi.

"Sebetulnya, keinginan Pemerintah itu agar bentuk koperasi dapat mengelola luas lahan pertambangan skala kecil. Ada aturan tentang Wilayah Usaha Pertambangan Kecil. Jadi bisa mendapat luas lahan minimal dua ribu hektar," tutur Tahbrani.

Lebih lanjut ia mengatakan, UU Minerba dapat dimanfaatkan secara luas oleh pelaku tambang di Babel. Sebab didalam UU Minerba yang mengatur tentang pengelolaan sumber daya mineral dan batubara di Indonesia itu, kata Thabrani, turut mengatur tentang pengelolaan bahan mentah menjadi produk setengah jadi dan jadi.

Bahkan, Thabrani menilai Babel memiliki nilai lebih dibandingkan daerah lain karena telah memiliki Tin Smelter (Peleburan timah). "Kita lebih maju sedikit lah dibandingkan provinsi lain. Kita sudah punya Smelter dan tin solder," tukasnya. (dry)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Rabu, 01 Juli 2020 13:20 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Rabu, 01 Juli 2020 15:47 WIB
KOBA -- Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap persoalan masyarakat.
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
Rabu, 01 Juli 2020 15:41 WIB
MUNTOK -- Kepolisian Resort Bangka Barat melaksanakan upacara korps raport kenaikan pangkat pengabdian.
Gubernur Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019
Gubernur Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019
Selasa, 30 Juni 2020 15:04 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2019 kepada DPRD Prov. Kepulauan Babel, Selasa (30/6/20).