Tidak Ada yang Salah dengan UU Minerba


Tidak Ada yang Salah dengan UU Minerba

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Pro dan kontra terhadap Undang-Undang (UU) Mineral dan Batubara (Minerba) Nomor 4 tahun 2009 selama ini mengisyaratkan bahwa UU tersebut sulit untuk diterapkan di Provinsi Bangka Belitung (Babel). 

Terhadap hal tersebut, Thabrani Alwi, Mantan Direktur Utama PT. Timah (Persero) Tbk menganggap, bahwa tidak ada yang salah dengan UU Minerba.

"Kalau menurut saya tidak masalah dengan UU Minerba sekarang.  UU ini sudah disiapkan sudah sejak lama. Masalah ada yang tidak suka itu, karena belum dicoba saja. Kalau sudah, tidak ada masalah," kata Thabrani kepada wartawan, Senin (13/6) lalu.

Menurutnya, luas Izin Usaha Pertambangan (IUP) minimal 5.000 hektar yang selama ini dipermasalahkan oleh banyak pihak, bisa diselesaikan dengan pengelolaan luas lahan pertambangan skala kecil dalam bentuk koperasi.

"Sebetulnya, keinginan Pemerintah itu agar bentuk koperasi dapat mengelola luas lahan pertambangan skala kecil. Ada aturan tentang Wilayah Usaha Pertambangan Kecil. Jadi bisa mendapat luas lahan minimal dua ribu hektar," tutur Tahbrani.

Lebih lanjut ia mengatakan, UU Minerba dapat dimanfaatkan secara luas oleh pelaku tambang di Babel. Sebab didalam UU Minerba yang mengatur tentang pengelolaan sumber daya mineral dan batubara di Indonesia itu, kata Thabrani, turut mengatur tentang pengelolaan bahan mentah menjadi produk setengah jadi dan jadi.

Bahkan, Thabrani menilai Babel memiliki nilai lebih dibandingkan daerah lain karena telah memiliki Tin Smelter (Peleburan timah). "Kita lebih maju sedikit lah dibandingkan provinsi lain. Kita sudah punya Smelter dan tin solder," tukasnya. (dry)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Empat Pimpinan DPRD Babel Resmi Dilantik, Didit Tetap Jadi Ketua
Empat Pimpinan DPRD Babel Resmi Dilantik, Didit Tetap Jadi Ketua
Rabu, 16 Oktober 2019 13:23 WIB
PANGKALPINANG - Empat Pimpinan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik setelah pengucapan sumpah/janji jabatan di Ruang
Jelang Pelantikan Pimpinan, DPRD Babel Gelar Gladi Bersih
Jelang Pelantikan Pimpinan, DPRD Babel Gelar Gladi Bersih
Selasa, 15 Oktober 2019 19:12 WIB
PANGKALPINANG - Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Gladi Bersih jelang pelantikan dan pengucapan sumpah/janji jabatan empat pimpinan DPRD
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Selasa, 15 Oktober 2019 11:03 WIB
JAKARTA - Apa yang Anda bayangkan tentang Indonesia 100 tahun? Semua cita-cita kebangsaan yang dicanangkan para pendiri bangsa seharusnya sudah
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
Senin, 14 Oktober 2019 19:00 WIB
PANGKALPINANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama dengan organisasi Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel siap