19 September, Tenggat Waktu Pengumpulan DP4


19 September, Tenggat Waktu Pengumpulan DP4

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - KPU (Komisi Pemilihan Umum) Bangka Belitung (Babel) memberi tenggat waktu hingga 19 September kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di 7 kabupaten/kota dan Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, untuk mengumpulkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) Babel.
Ketua KPU Babel Jamilah Mahari, Rabu (15/6) lalu, mengatakan penentuan batas waktu tersebut untuk mencegah kekacauan dalam menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Babel 23 Februari mendatang.
"Disdukcapil nanti meminta data di kabupaten/kota untuk diserahkan ke KPU, tapi kita juga meminta data ke biro pemerintahan. Nanti digabungkan yaitu DPT saat Pilpres, kepala daerah, dengan data yang didapatkan sekarang lalu diolah. Sebelum tanggal 19 September harus sudah kita terima DP4-nya. Kalau itu terlambat nanti kacau," tegasnya.
Dia mengatakan, dari koordinasi terakhir antara pihaknya dengan biro pemerintahan, diketahui bahwa DP4 belum bisa diberikan lantaran masih berada dalam tahap verifikasi pertama.
"Kemarin ditanyakan kenapa biro pemerintahan belum bisa memberikan DP4? Jawabnya, mereka masih melakukan verifikasi pertama. Maksudnya, mereka masih mendata warga yang memasuki usia 17 tahun saat Februari 2012," ujar Jamilah.
"Selain itu," lanjutnya, "Biro pemerintahan masih mendata warga pendatang yang telah  enam bulan tinggal di Babel, karena mereka punya hak pilih."
Sedangkan bagi Disdukcapil, Jamilah mengaku telah meminta seluruh Disdukcapil menggelar rapat koordinasi bulan Juli mendatang, agar jadwal penetapan data DP4 dan DPT tak molor.
"Bulan Juli akan rapat koordinasi seluruh Disdukcapil tentang DPT karena prosesnya nanti akan panjang. DP4 akan diolah di provinsi, lalu dilempar ke kabupaten/kota, diteruskan ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan-red) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara-red)," pungkasnya. (dry)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Empat Pimpinan DPRD Babel Resmi Dilantik, Didit Tetap Jadi Ketua
Empat Pimpinan DPRD Babel Resmi Dilantik, Didit Tetap Jadi Ketua
Rabu, 16 Oktober 2019 13:23 WIB
PANGKALPINANG - Empat Pimpinan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik setelah pengucapan sumpah/janji jabatan di Ruang
Jelang Pelantikan Pimpinan, DPRD Babel Gelar Gladi Bersih
Jelang Pelantikan Pimpinan, DPRD Babel Gelar Gladi Bersih
Selasa, 15 Oktober 2019 19:12 WIB
PANGKALPINANG - Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Gladi Bersih jelang pelantikan dan pengucapan sumpah/janji jabatan empat pimpinan DPRD
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Selasa, 15 Oktober 2019 11:03 WIB
JAKARTA - Apa yang Anda bayangkan tentang Indonesia 100 tahun? Semua cita-cita kebangsaan yang dicanangkan para pendiri bangsa seharusnya sudah
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
Senin, 14 Oktober 2019 19:00 WIB
PANGKALPINANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama dengan organisasi Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel siap