19 September, Tenggat Waktu Pengumpulan DP4


19 September, Tenggat Waktu Pengumpulan DP4

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - KPU (Komisi Pemilihan Umum) Bangka Belitung (Babel) memberi tenggat waktu hingga 19 September kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di 7 kabupaten/kota dan Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, untuk mengumpulkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) Babel.
Ketua KPU Babel Jamilah Mahari, Rabu (15/6) lalu, mengatakan penentuan batas waktu tersebut untuk mencegah kekacauan dalam menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Babel 23 Februari mendatang.
"Disdukcapil nanti meminta data di kabupaten/kota untuk diserahkan ke KPU, tapi kita juga meminta data ke biro pemerintahan. Nanti digabungkan yaitu DPT saat Pilpres, kepala daerah, dengan data yang didapatkan sekarang lalu diolah. Sebelum tanggal 19 September harus sudah kita terima DP4-nya. Kalau itu terlambat nanti kacau," tegasnya.
Dia mengatakan, dari koordinasi terakhir antara pihaknya dengan biro pemerintahan, diketahui bahwa DP4 belum bisa diberikan lantaran masih berada dalam tahap verifikasi pertama.
"Kemarin ditanyakan kenapa biro pemerintahan belum bisa memberikan DP4? Jawabnya, mereka masih melakukan verifikasi pertama. Maksudnya, mereka masih mendata warga yang memasuki usia 17 tahun saat Februari 2012," ujar Jamilah.
"Selain itu," lanjutnya, "Biro pemerintahan masih mendata warga pendatang yang telah  enam bulan tinggal di Babel, karena mereka punya hak pilih."
Sedangkan bagi Disdukcapil, Jamilah mengaku telah meminta seluruh Disdukcapil menggelar rapat koordinasi bulan Juli mendatang, agar jadwal penetapan data DP4 dan DPT tak molor.
"Bulan Juli akan rapat koordinasi seluruh Disdukcapil tentang DPT karena prosesnya nanti akan panjang. DP4 akan diolah di provinsi, lalu dilempar ke kabupaten/kota, diteruskan ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan-red) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara-red)," pungkasnya. (dry)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Gubernur Erzaldi Minta PHL dan Ahli Waris Tidak Salah Gunakan Dana Santunan
Rabu, 01 Juli 2020 13:20 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Masyarakat Melapor, Bupati Ibnu Saleh Langsung Gerak Cepat
Rabu, 01 Juli 2020 15:47 WIB
KOBA -- Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap persoalan masyarakat.
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
28 Personil Polres Bangka Barat Naik Pangkat
Rabu, 01 Juli 2020 15:41 WIB
MUNTOK -- Kepolisian Resort Bangka Barat melaksanakan upacara korps raport kenaikan pangkat pengabdian.
Gubernur Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019
Gubernur Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019
Selasa, 30 Juni 2020 15:04 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyerahkan Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2019 kepada DPRD Prov. Kepulauan Babel, Selasa (30/6/20).