UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi


UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi

PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online dengan tema “Tantangan dan Adaptasi Pendidikan Pasca Pandemi” Selasa (15/09/2020). 

Diangkatnya tema program studi sosiologi pendidikan ini tidak dapat dilepaskan dari kondisi pendidikan ditengah kondisi hadirnya virus corona menjadikan dunia pendidikan mengalami perubahan secara bersar, salah satunya yang paling dirasakan adalah pembelajaran di rumah dan pembelajaran online (dalam jaringan-red). 
 
Rektor Universitas Bangka Belitung, Dr. Ibrahim dalam arahannya menyambut baik kegiatan kuliah umum online yang membahas tema pendidikan. Menurutnya, pendidikan menjadi salah satu aspek terdampak imbas langsung saat kondisi pandemi Covid-19.

"Tentunya ada perubahan yang terjadi seperti perubahan proses kegiatan belajar mengajar yang diprioritaskan secara daring. Meskipun demikian, kondisi ini jangan sampai memberikan batasan kepada kita semua untuk belajar dan memperoleh pengetahuan,salah satunya kuliah online ini,"ujarnya. 

Sementara dalam kuliah umum ini, Rakhmat Hidayat, Ph.D dari Universitas Negeri Jakarta menyampaikan bahwa di era pandemic ini negara harus turun tangan dan bertanggungjawab terhadap pendidikan masyarakatnya. 

"Jangan sampai karena kondisi pandemi, banyak masayarakat Indonesia yang tidak mampu atau dapat melanjutkan pendidikannya karena persoalan-persoalan tertentu. Seperti kuota, infrastruktur dan lainnya. Selain itu pentingnya kepemimpinan pendidikan yang kuat akan mengantarkan kepada kondisi new educational insigh,”ujarnya. 

Sementara itu Prof. Elly memaparkan pentingnya adaptasi pendidikan saat dan pasca pandemi, ini diperlukan agar tidak membuat kita gagap sosial dan memperluas Jarak Sosial terutama mengambil hal yang positif.

“Kita harus berhikmah dari pandemi mengambil hal yang positif, yakni melek IT, kebersamaan, kebersihan, menambahan ketakwaan,”tambah Prof. Elly.

Sementara itu, mantan Rektor UBB Prof. Bustami Rahman melihat bahwa kehadiran virus corona ke tengah-tengah masayarakat menghadirkan situasi kecemasan dan ketidakpastian. 

“Kita berada dalam situasi yang tidak pasti, tidak ada yang dapat memprediksi hal ini terjadi, bahkan hingga sekarang Akademisi, Pemerintah hingga ilmu pengetahuan pun belum bisa menjelaskan kondisi ini,"ucapnya. 

Kegiatan menggunakan ruang virtual zoom ini dipandu Dosen Sosiologi UBB, Luna Febriani, M. A diikuti 160 peserta. Diantaranya dari Univeraitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan para guru Provinsi Kepulauan Babel.(CR01)
 




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan
Wagub Abdul Fatah terima Kunjungan IJTI Pusat
Wagub Abdul Fatah terima Kunjungan IJTI Pusat
Kamis, 10 September 2020 20:05 WIB
PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menerima kunjungan silaturahmi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), di Ruang