Bahas Renja Perangkat Daerah Tahun 2021 dengan Virtual Meeting, Babel Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat


Bahas Renja Perangkat Daerah Tahun 2021 dengan Virtual Meeting, Babel Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat


PANGKALPINANG - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memberikan dampak yang luas di dunia, begitu juga di Indonesia. Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sudah menyiapkan strategi-strategi yang akan digunakan dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19.

Menurut Sekretaris Bappeda Kep. Babel, Joko Triadhi, ekonomi dan sosial masyarakat harus menjadi fokus dalam pemulihan dampak pandemi Covid-19. Di tahun 2021, program dan kegiatan akan diarahkan ke pemberdayaan masyarakat atau program dan kegiatan yang outputnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kita harapkan, masyarakat yang terdampak Covid-19 dapat merasakan program dan kegiatan yang kita lakukan, kita berharap dengan perhatian tersebut masyarakat dapat bangkit dan pulih," ungkap Sekretaris Joko Triadhi pada saat membuka Verifikasi Rancangan Renja PD Tahun 2021 yang diselenggarakan secara online, Senin (6/4).

Dalam penjelasannya, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan efisiensi, mulai dari pengurangan makan-minum rapat, mengurangi kegiatan sosialisasi, pertemuan, forum, dan pameran. Menurutnya, kegiatan-kegiatan tersebut akan dapat dilaksanakan dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi (TI). 

Efisiensi juga akan dilakukan pada honorarium, perjalanan dinas, dan kendaraan dinas. Termasuk juga pembangunan gedung baru dan rehabilitasi kantor yang bersifat berat, dokumen teknis yang belum ada kepastian pelaksanaan pembangunan fisik, serta pengadaan seragam pegawai.

"Sesuai arahan Gubernur pada saat vidcon, kita akan ada penambahan prioritas atau refocusing kegiatan, efisiensi, dan realokasi anggaran yang kita lakukan akan diarahkan ke fokus-fokus untuk mengurangi dan pemulihan dari dampak Covid-19," ungkapnya.

Menurutnya, di tahun 2021 program dan kegiatan diarahkan pada pemberdayaan masyarakat dengan beberapa fokus utama. Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), sosial, pertanian, kelautan dan perikanan, perindustrian dan perdagangan, serta pariwisata, kepemudaan, dan olahraga.

KUKM diarahkan untuk terus mengembangkan produk berbasis potensi daerah dan memperkuat kerja sama dengan stakeholder untuk menjaga stabilitas harga bahan baku. KUKM juga diharapkan dapat memperluas akses pasar melalui promosi dan pemasaran digital.

Selain itu, KUKM diharapkan dapat diberikan bantuan yang berupa barang, pendampingan kepada KUKM dari hulu sampai hilir, menumbuhkan KUKM baru dan membantu akses peemodalan melalui Kredit Usaha Rakyat atau KUR kepada KUMKM.

Di bidang sosial, menurut Sekretaris Joko Triadhi, diarahkan agar dapat diberikan program jaringan pengaman sosial kepada masyarakat dan membantu akses permodalan kepada masyarakat dengan skema yang ada, serta rehabilitasi sosial bagi masyarakat yang psikologisnya terdampak Covid-19.

Dalam sektor pertanian diminta untuk dapat memformulasikan kegiatan yang betul-betul menyentuh masyarakat, begitu juga dengan sektor kelautan dan perikanan. Upaya terus dilakukan untuk mendorong komoditas kelautan sebagai komoditas ekspor di masa yang akan datang menggantikan timah serta memberikan bantuan hibah barang kepada petani dan nelayan untuk meningkatkan produksi mereka.

Pada sektor perindustrian dan perdagangan, Gubernur Erzaldi Rosman meminta agar dinas perindustrian dan perdagangan untuk memperluas akses pasar komoditas unggulan, serta meningkatkan ekspor komoditas non logam, yang selama ini didominasi timah.

"Yang lainnya untuk menjamin kestabilan harga kebutuhan pokok di dalam daerah, bisa dilakukan dengan subsidi bahan pokok atau operasi pasar, kemudian memberikan bantuan peralatan kepada IKM (Industri Kecil Menengah) dan tetap meningkatkan kapasitas SDM IKM kita," ungkapnya.

Pada sektor pariwisata, kepemudaan, dan olahraga, diharapkan pada tahun 2021 untuk dapat menyelenggarakan event-event yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Jadi kita tidak hanya melihat dari jumlah eventnya saja, bisa jadi eventnya tidak terlalu banyak namun cukup besar untuk mengundang minat wisatwan datang ke Bangka Belitung," pungkas Sekretaris Joko Triadhi.(humas humas humas humas/babelprov)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Jadi Narasumber Webinar Oleh Kemendagri RI
Gubernur Erzaldi Jadi Narasumber Webinar Oleh Kemendagri RI
Rabu, 03 Juni 2020 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menjadi salah satu narasumber dalam webinar yang bertema "Mendorong Inovasi Daerah Dalam Penanganan Covid-19". Webinar
Pemda Harus Miliki Cadangan Pangan Guna Hadapi Musim Kemarau
Pemda Harus Miliki Cadangan Pangan Guna Hadapi Musim Kemarau
Rabu, 03 Juni 2020 14:29 WIB
PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah memimpin rapat sekaligus mendengarkan paparan terkait penguatan cadangan pangan pada
Pemprov Babel Hibahkan Lahan Untuk Bangun Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kementerian PUPR Babel
Pemprov Babel Hibahkan Lahan Untuk Bangun Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kementerian PUPR Babel
Rabu, 03 Juni 2020 14:27 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menghadiri rapat koordinasi dengan satuan kerja (satker) PU balai praskim, Dinas Perkim Provinsi Kepulauan Babel,
Gubernur Erzaldi Minta Bank Dampingi Kebijakan Akses Permodalan dan Keringanan Kredit Bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19
Gubernur Erzaldi Minta Bank Dampingi Kebijakan Akses Permodalan dan Keringanan Kredit Bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19
Selasa, 02 Juni 2020 19:23 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman minta perwakilan bank BUMN di Bangka Belitung untuk melakukan pendampingan terkait