Kasus Sijuk Berakhir Damai? Ini Pandangan Anggota DPRD Babel Ini


Kasus Sijuk Berakhir Damai? Ini Pandangan Anggota DPRD Babel Ini

PANGKALPINANG - Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bong Ming-Ming menanggapi hasil rapat dengar pendapat (RDP) terkait kasus Sijuk yang mengarah pada penyelesaian secara damai dan kekeluargaan.

"Ini menjadi catatan, apapun keputusan rapat, kami sebagai institusi DPRD, kami mengikuti itu (hasil RDP-red)," kata Ming-Ming kepada wartawan seusai rapat internal Komisi II di Gedung DPRD Babel, Rabu (4/12/2019).

Namun, ditegaskan dia, ada catatan penting bagi pihak kepolisian dalam menyikapi aktivitas pertambangan ilegal yang merambah hutan lindung di lokasi lainnya. 

"Jangan sampai kasus Sijuk ini damai, Sementara kasus-kasus yang lain, nanti ada penambang-penambang kecil, hanya mengambil tailing kebetulan itu masuk ke wilayah hutan lindung kemudian ditangkap," tegasnya.

Jika kasus Sijuk ini nantinya akan berakhir damai, ia berharap, akan memberikan dampak yang positif bagi Bangka Belitung.

"Mari kita jaga sama-sama alam wilayah kita, karena kita sudah sepakat bahwa Belitung zero tambang untuk wilayah lautnya begitu juga wilayah hutan lindung pantai, dan stop penambangan di hutan lindung pantai di Sijuk, jangan dilakukan lagi," ujarnya.

Terpisah, Anggota DPRD Babel, Sukirman menyayangkan atas hasil keputusan RDP tersebut. Menurut dia, pelanggaran hukum yang terjadi di Sijuk tersebut harus tetap diproses hukum agar kejadian serupa tidak terjadi lagi kedepannya.

"Harus selesai, artinya damai itu cerita lain, tapi kalau saya pribadi cerita secara keseluruhan, kita kan ada disini sebagai contoh untuk masyarakat luas. Jadi pandangan kita, proses hukum harus tetap berjalan, tapi kalau yang bersangkutan sudah ngajak damai, kita bisa apalagi kan," pungkasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun