Pasca Alami Aksi Anarkis di Sijuk, Ini Penjelasan Wagub


Pasca Alami Aksi Anarkis di Sijuk, Ini Penjelasan Wagub

RADARBANGKA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah tidak menyangka atas insiden yang telah dialaminya bersama rombongan saat akan melakukan pemantauan adanya dugaan aktivitas pertambangan ilegal di Kawasan Hutan Lindung Pantai (HLP) Geosite Tanjung Siantu, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Sabtu (2/11/2019) malam.

Sebelumnya, Wagub mengaku yakin dengan pengamanan internal yang dimiliki Pemprov Babel pada saat  melakukan penertiban tambang ilegal di kawasan itu, sehingga pihaknya tidak melibatkan aparat kepolisian dalam melakukan penertiban.

"Yang meyakinkan saya, saya dikelilingi para keamanan dalam dari provinsi, saya rasa sudah cukup ,tapi kok meleset," kata Wagub saat menggelar konferensi pers, di Kantor Camat Sijuk, Sabtu (2/10) malam.

Wagub mengungkapkan, kejadian ini dapat dijadikan pelajaran agar dapat lebih berhati-hati dan mengedepankan keamanan dalam menghadapi segala kemungkinan yang tidak diinginkan. "Kedepan kita akan memperhatikan hal-hal berbagai kelemahan akan kita sempurnakan," ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Wagub, pihaknya melakukan penertiban aktivitas tambang ilegal di daerah itu sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat setempat. "Saya ingin jelaskan mengapa kami di Sijuk melakukan penertiban, ini diawali berbagai laporan masyarakat bahwa terjadi suatu kegiatan ilegal yang dilakukan," jelasnya.

"Kami melakukan pengecekan, kita cek masuk kawasan apa, saya tanya dinas kehutanan bahwa masuk dalam hutan lindung pantai (HLP), nah berdasarkan hal tersebut kami melakukan pengamatan langsung, kami melaksanakan tugas dalam rangka penertiban," sambungnya.

Ditegaskan Wagub, aktivitas tambang ilegal dikawasan itu memang harus ditertibkan karena sudah jelas melanggar aturan yang berlaku, apalagi menjamah kawasan HPL. "Siapapun yang melakukan, berarti ilegal, itulah kami melakukan penertiban, cuma terjadi kondisi yang sama-sama tak diinginkan," sesalnya.

Kedepan, diungkapkan Wagub, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian, untuk tindakan selanjutnya dan langkah yang akan diambil. Beruntung dalam insiden itu, Wagub tidak mengalami luka saat aksi anarkis tersebut. (**)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Covid-19 Tak Surutkan Semangat Berkurban
Covid-19 Tak Surutkan Semangat Berkurban
Senin, 03 Agustus 2020 16:14 WIB
PANGKALPINANG – Tatanan kehidupan baru akibat pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat berkurban bagi para pegawai di lingkungan Pemprov. Kepulauan Bangka
Hasil Pemotongan Kurban Jadi Bantuan Kepada Anak Yatim Piatu dan Disabilitas
Hasil Pemotongan Kurban Jadi Bantuan Kepada Anak Yatim Piatu dan Disabilitas
Senin, 03 Agustus 2020 16:13 WIB
PANGKALPINANG - Keluarga besar Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan pemotongan hewan kurban dengan jumlah empat ekor sapi dan
Pemprov Babel Fasilitasi Pelantikan Pengurus Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafiz-Hafizah Babel
Pemprov Babel Fasilitasi Pelantikan Pengurus Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafiz-Hafizah Babel
Senin, 03 Agustus 2020 16:12 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung melalui Biro Kesra Setda. Prov. Kepulauan Babel memfasilitasi kegiatan pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW)
Gubernur Erzaldi Sambut Kunjungan Tim Pengkajian Lemhanas RI
Gubernur Erzaldi Sambut Kunjungan Tim Pengkajian Lemhanas RI
Senin, 03 Agustus 2020 16:08 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Forkopimda Kepulauan Bangka Belitung menyambut kehadiran rombongan Tim Pengkajian Lembaga