Pemprov Babel Targetkan Pembangunan Rumah Subsidi Rakyat Capai 86,7 Persen, Ini Kata Kepala Bappeda Babel


Pemprov Babel Targetkan Pembangunan Rumah Subsidi Rakyat Capai 86,7 Persen, Ini Kata Kepala Bappeda Babel

PANGKALANBARU - Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Insani mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan perumahan untuk masyarakat dapat mencapai 86,7 persen, meskipun tingkat perekonomian saat ini kurang menguntungkan.

"Berdasarkan data yang ada, kita menargetkan perumahan untuk masyarakat di Babel ini sekitar 86,7 persen kita sudah memiliki rumah, kata Fery kepada sejumlah wartawan seusai menghadiri Musda Ke-VI DPD REI Babel di Hotel Soll Marina, Jumat (1/11/2019).

Mengenai kebijakan pemangkasan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang dinilai membebani masyarakat untuk memiliki  rumah subsidi, dijelaskan Fery, hal itu merupakan kewenangan dari pemerintah daerah.

"Kalau BPHTB itu memang (kewenangan-red) kabupaten, kota, jadi itu bisa-bisa saja, sangat tergantung dari bupati dan walikota, itu salah satu bentuk insentif lah," ujar Fery.

Disampaikan dia, Pemprov Babel tetap akan berusaha keras dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat salah satunya, melalui sektor perumahan subsidi. 

"Meskipun secara global dan nasional kita mengalami problem melemahnya ekonomi, Namun demikian, bagaimana kita memberikan rangsangan, memberikan stimulus agar tumbuh berkembangnya sektor usaha," terangnya.

Sementara Ketua DPD REI Babel, Thomas Djusman menambahkan, sektor properti khususnya pembangunan perumahan rakyat bergantung kepada pendapatan asli daerah.

"Kita yakin pemerintah daerah, bupati maupun wali kota punya semangat yang sama, Cuma kendalanya adalah pendapatan daerah ini kan sangat diandalkan untuk sebagai sumber pembangunan," kata Thomas.

Ia menjelaskan, membangun suatu industri properti yang baik dapat memberikan multiplier efek pada pendapatan dan penerimaan pajak daerah.

"Jadi kalau insentifnya diberikan sesuai dengan Peraturan yang diarahkan dari pusat, misalnya mengenai PPHTB, Tentunya transaksinya makin banyak dan nanti akan menimbulkan pertumbuhan properti yang baik," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Semarakkan Hari Juang TNI AD, Korem 045/Gaya Gelar Syukuran dan Jalan Santai
Semarakkan Hari Juang TNI AD, Korem 045/Gaya Gelar Syukuran dan Jalan Santai
Minggu, 15 Desember 2019 12:00 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Juang TNI AD 2019, maka Korem 045 Garuda Jaya (Gaya) menggelar syukuran
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Jum'at, 13 Desember 2019 19:05 WIB
PANGKALPINANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung sepanjang tahun 2019, telah berhasil mengamankan sebanyak 31 Kg lebih sabu-sabu
UKW Tetap Jalan
UKW Tetap Jalan
Kamis, 12 Desember 2019 00:20 WIB
PANGKALPINANG - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan instrumen penting yang harus ditempuh wartawan. Salah satunya agar pemberitaan yang dibuat lebih
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Rabu, 11 Desember 2019 19:22 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DPJ) Sumsel Babel menyebutkan realisasi penerimaan pajak di Provinsi Bangka Belitung (Babel)