BNNK Pangkalpinang Musnahkan 1,6 Kg Barang Bukti Sabu Senilai Rp1,5 Miliar


BNNK Pangkalpinang Musnahkan 1,6 Kg Barang Bukti Sabu Senilai Rp1,5 Miliar

PANGKALPINANG - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), memusnahkan Barang Bukti (BB) narkotika jenis sabu dengan berat 1,6 Kilogram, Rabu (23/10/2019), bertempat di halaman kantor Pemkot Pangkalpinang.

Sabu dengan nilai mencapai Rp1,5 miliar ini hasil tangkapan BNNK Pangkalpinang dari seorang tersangka Zainal Abidin warga Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang beberapa waktu lalu.

“Ini kedua kalinya BNNK Pangkalpinang memusnahkan barang bukti narkoba berupa sabu di halaman kantor Walikota. Pertama 6 kilogram sabu dan hari ini 1,6 kilogram, ” ujar  Kepala BNNK Pangkalpinang, AKBP Ikhlas Gunawan.

Tersangka akan dikenakan pasal Dikatakan AKBP Ikhlas Gunawan, sesuai Pasal 91 ayat 2 KUHAP Undang-Undang Narkotika Tahun 2003, berat kerugian yang ditimbulkan oleh tindak pidana tersebut terletak pada kepentingan umum dan karenanya perkara pidana itu harus diadili oleh pengadilan.

“Sejak 7 hari dari batas penangkapan 12 Oktober kemarin kami (BNNK) wajib melakukan pemusnahan barang bukti ini. Nantinya sebelum diblender akan dites dulu keasliannya oleh tim dokter, ” katanya.

Meski dengan anggaran minim, lanjut AKBP Ikhlas Gunawan, pihaknya terus berkomitmen memberantas narkoba di wilayah kota Pangkalpinang.

“Terus komitmen menjaga agar Kota Pangkapinang bebas dari peredaran narkoba. Apalagi di Kelurahan Pasir Putih menjadi daerah rawan narkoba, ” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Pangkalpinang, H Maulana Aklil menyambut baik atas pencapaian prestasi BNNK dalam memberantas narkoba.

“Kita salut sama BNNK dengan anggaran minim bisa secara optimal mencegah bahkan memberantas peredaran narkoba di kota Pangkalpinang. Sekali lagi saya ucapkan selamat buat Pak AKBP Ikhlas Gunawan dan teruslah memberantas peredaran narkoba, ” kata Maulana Aklil.

Pantauan sejumlah wartawan, sebelum pemusnahan barang bukti dihadirkan seorang tersangka pemilik narkoba bernama Zainal Abidin alias Bebek. Sabu sebanyak 1,6 kilogram tersebut dimasukkan di dalam 4 blender hingga tak bisa digunakan lagi. 

Hadir dalam kesempatan ini Walikota Pangkalpinang, H Maulana Aklil, Kajari Pangkalpinang, RM Ari Prioagung SH MH, Dandim 0413, Kol Inf Pujud dan Kepala BNNK Pangkinang, AKBP Ikhlas Gunawan, Kalapas Tuatunu, Kemenkumham, KSOP, Izuar, Kuasa Hukum serta unsur muspida lainnya. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Minggu, 17 November 2019 10:51 WIB
PANGKALPINANG - Innalillahi Wainnalillahi Rojiiun. Kabar duka menyelimuti keluarga besar wartawan Bangka Belitung (Babel). Pasalnya, rekan sejawat sekaligus Ketua Satwil
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Sabtu, 16 November 2019 19:34 WIB
PANGKALPINANG - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa wilayah pelabuhan perikanan di Provinsi
Pemekaran Kabupaten Bangka Utara Butuhkan Dukungan Stakeholders
Pemekaran Kabupaten Bangka Utara Butuhkan Dukungan Stakeholders
Sabtu, 16 November 2019 12:00 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka dengar pendapat tindak lanjut usulan pemekaran daerah otonomi baru Kabupaten Bangka Utara, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
LPSK Temui Keluarga Korban Kasus KDRT di Bali
LPSK Temui Keluarga Korban Kasus KDRT di Bali
Jum'at, 15 November 2019 21:49 WIB
BALI - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengadakan pertemuan dengan beberapa pihak untuk mencari solusi terkait pembayaran biaya rumah