BNNK Pangkalpinang Musnahkan 1,6 Kg Barang Bukti Sabu Senilai Rp1,5 Miliar


BNNK Pangkalpinang Musnahkan 1,6 Kg Barang Bukti Sabu Senilai Rp1,5 Miliar

PANGKALPINANG - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), memusnahkan Barang Bukti (BB) narkotika jenis sabu dengan berat 1,6 Kilogram, Rabu (23/10/2019), bertempat di halaman kantor Pemkot Pangkalpinang.

Sabu dengan nilai mencapai Rp1,5 miliar ini hasil tangkapan BNNK Pangkalpinang dari seorang tersangka Zainal Abidin warga Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang beberapa waktu lalu.

“Ini kedua kalinya BNNK Pangkalpinang memusnahkan barang bukti narkoba berupa sabu di halaman kantor Walikota. Pertama 6 kilogram sabu dan hari ini 1,6 kilogram, ” ujar  Kepala BNNK Pangkalpinang, AKBP Ikhlas Gunawan.

Tersangka akan dikenakan pasal Dikatakan AKBP Ikhlas Gunawan, sesuai Pasal 91 ayat 2 KUHAP Undang-Undang Narkotika Tahun 2003, berat kerugian yang ditimbulkan oleh tindak pidana tersebut terletak pada kepentingan umum dan karenanya perkara pidana itu harus diadili oleh pengadilan.

“Sejak 7 hari dari batas penangkapan 12 Oktober kemarin kami (BNNK) wajib melakukan pemusnahan barang bukti ini. Nantinya sebelum diblender akan dites dulu keasliannya oleh tim dokter, ” katanya.

Meski dengan anggaran minim, lanjut AKBP Ikhlas Gunawan, pihaknya terus berkomitmen memberantas narkoba di wilayah kota Pangkalpinang.

“Terus komitmen menjaga agar Kota Pangkapinang bebas dari peredaran narkoba. Apalagi di Kelurahan Pasir Putih menjadi daerah rawan narkoba, ” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Pangkalpinang, H Maulana Aklil menyambut baik atas pencapaian prestasi BNNK dalam memberantas narkoba.

“Kita salut sama BNNK dengan anggaran minim bisa secara optimal mencegah bahkan memberantas peredaran narkoba di kota Pangkalpinang. Sekali lagi saya ucapkan selamat buat Pak AKBP Ikhlas Gunawan dan teruslah memberantas peredaran narkoba, ” kata Maulana Aklil.

Pantauan sejumlah wartawan, sebelum pemusnahan barang bukti dihadirkan seorang tersangka pemilik narkoba bernama Zainal Abidin alias Bebek. Sabu sebanyak 1,6 kilogram tersebut dimasukkan di dalam 4 blender hingga tak bisa digunakan lagi. 

Hadir dalam kesempatan ini Walikota Pangkalpinang, H Maulana Aklil, Kajari Pangkalpinang, RM Ari Prioagung SH MH, Dandim 0413, Kol Inf Pujud dan Kepala BNNK Pangkinang, AKBP Ikhlas Gunawan, Kalapas Tuatunu, Kemenkumham, KSOP, Izuar, Kuasa Hukum serta unsur muspida lainnya. (wah)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Hadapi New Normal, Dunia Pendidikan Harus Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan
Hadapi New Normal, Dunia Pendidikan Harus Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan
Sabtu, 06 Juni 2020 19:52 WIB
PANGKALPINANG - Salah satu kunci sukses menghadapi Covid-19 adalah kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah sebagai pola adaptasi perilaku.
Protokol Covid-19 Jadi Syarat dan Kunci Utama Pelaksanaan New Normal di Dunia Pendidikan
Protokol Covid-19 Jadi Syarat dan Kunci Utama Pelaksanaan New Normal di Dunia Pendidikan
Sabtu, 06 Juni 2020 19:49 WIB
PANGKALPINANG - Dalam menjalankan kebijakan tatanan kehidupan baru yang dikenal dengan istilah "New Normal" khususnya di bidang pendidikan, penerapan protokol
Sosialisasikan New Normal, Gubernur Erzaldi Libatkan Pihak Airlines
Sosialisasikan New Normal, Gubernur Erzaldi Libatkan Pihak Airlines
Jum'at, 05 Juni 2020 19:27 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyikapi dampak yang dirasakan oleh dunia penerbangan dan seruan new normal yang menjadi kebijakan yang akan
Kwarda Babel Ambil Bagian Antisipasi Krisis Pangan
Kwarda Babel Ambil Bagian Antisipasi Krisis Pangan
Jum'at, 05 Juni 2020 18:00 WIB
PANGKALPINANG - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bangka Belitung (Kwarda Babel) ikut ambil bagian dalam upaya antisipasi krisis pangan. Ketua Kwarda